Jenis Obat Untuk Mengatasi Rasa Mual

Mual

Untuk mengatasi mual dan muntah misalnya pada influenza perut dan migren, dokter dapat meresepkan domperidon (Motilium) atau metoklopramida (Primperan) sebagai tablet atau supositoria.

Obat-obat ini ampuh melawan rasa mual bila diminum pada tingkat awal . Bila mual sudah hebat obat tersebut bisa dimuntahkan lagi setelah diminum, ataupun tidak diserap oleh selaput lendir lambung karena gerakan peristaltiknya terhenti. Dalam keadaan demikian dokter dapat memberikan obat dalam bentuk supositoria.

Loading...

Obat-obat ini memblokir reseptor-reseptor dopamine hingga rangsangan dari saluran cerna tidak mencapai pusat muntah. Suatu obat dalam resep lain adalah cisaprida (prepulsid), yang bekerja lebih kuat . semua obat ini tidak berkhasiat pada mual akibat mabuk jalan.

Anak kecil yang menderita batuk pilek atau influenza sering kali merasa mual dan muntah. Dokter biasanya memberikan supositoria domperidon. Bermanfaat juga untuk menggosok bagian perutnya dengan minyak adas (venkel) atau minyak kayu putih.

Pada  anak kecil keseimbangan elektrolit dalam tubuhnya dapat terganggu dengan cepat sekali terutama bila serentak terdapat diare. Perlu sekali untuk memberikan cukup cairan guna menghindari dehidrasi. Sebaiknya diberikan minuman larutan gula (ORS, Oralit) atau larutan siap minum Pedialyte.

Mual mabuk jalan

Obat paling efektif yang dapat diberikan dokter untuk menghindari mabuk jalan adalah skopolamin (scopoderm TTS) dalam bentuk plester yang sangat praktis. Diletakkan dibelakang telinga 5-6 jam sebelum perjalanan, obat “dilepskan” sedikit demi sedikit selama 60-72 jam yang diserap melalui kulit.

Lama kerjanya ±72 jam sehingga layak untuk perjalanan jauh. Berkat pelepasan obatnya yang teratur, efek sampingnya yang agak kuat sangat dikurangi. Tidak cocok untuk anak dibawah usia 10 Tahun.

Loading...