Cara Mencegah dan Mengobati Gatal-Gatal

http://kesehatankeluarga.netTindakan-tindakan pencegahan

Semua penyebab harus dijauhi misalnya berenang di kolam yang airnya mengandung klor dapat mencetuskan reaksi alergi dengan gejala bersin, mata merah dan gatal-gatal. Sedapat mungkin jangan menggunakan bahan baju dari poliester, tetapi katun, dan hindari pakaian yang terlampau ketat.

Juga hindari perubahan suhu yang mendadak, misalnya dari ruangan dingin (AC) ke tempat panas yang dapat memicu gatal-gatal.

Loading...

Perawatan sendiri

Mengenali dan mengobati penyebab gatal-gatal tidak begitu mudah karena 70-80% kasus, penyebabnya tidak dapat dideteksi dengan jelas. Bila sudah diketahui, baru dapat dilakukan pengobatan, antara lain dengan cara desensibilisasi, lihat pada postingan kami tentang alergi. Tetapi biasanya pengobatan hanya diarahkan terhadap penanggulangan gejala gatal tanpa menghilangkan penyebabnya. Umumnya digunakan obat-obat antigatal. Keluhan gatal-gatal pada lansia dapat ditanggulangi dengan mengolesi kulit setiap hari dengan menggunakan krem hidratasi guna menghindari pengeringan kulit lebih lanjut.

Perlu pula diketahui bahwa obat terhadap gatal-gatal seringkali bekerja karena sugesti. Karena itu obat yang disebut plasebo sering kali berhasil dengan sukses (bahasa latin : placebo yang berarti”saya ingin menyenangkan”).

Loading...