Cara Menangani Nyeri Kepala

http://kesehatankeluarga.netPenanganan Nyeri Kepala

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan ketegangan otot kepala adalah dengan cara Massage. Otot tipis yang tegang dapat dirasakan dengan cara menggerakan alis mata setinggi mungkin. Bahkan ada orang yang mampu menggerakkan otot tersebut secara sadar, yang terlihat pada bergesernya rambut ke arah depan dan belakang.

Massage kepala yang nyeri dapat dilakukan sendiri. Pijatan hendaknya dimulai dari bahu melalui tengkuk di teruskan ke atas. Kulit kepala dengan hati-hati di Massage ke depan, lalu ujung jari melakukan gerakan-gerakan lingkaran.juga dahi dan pelipis dapat di Massage, begitu juga otot-otot bahu dan tengkuk. Sebagai obat gosok sebaiknya digunakan campuran dari minyak kelapa dan minyak kayuputih  atau obat paten dengan zat anti-nyeri (Stop-X, dan lain-lain). Akupresure dapat juga bermanfaat.

Loading...

Mandi dengan douche air hangat juga efektif sekali untuk mengendurkan otot-otot yang tegang dan meringankan nyeri. Hendaknya douche dengan air hangat di arahkan ke bagian bahu, tengkuk dan kepala minimal 5 menit, sambil melakukan Massage.

Hiburan. Pada nyeri kepala yang berhubungan dengan stres, seringkali aktivitas fisik di udara segar atau hiburan lain sangat berguna, begitu juga perubahan (sementara) dari tempat tinggal.

Perawatan sendiri. Nyeri kepala pada umumnya dapat ditanggulangi secara efektif dengan parasetamol atau mefenamat dan sebagai pilihan terakhir asetosal. Bila perlu diperkuat dengan minum kopi karena kofein memperkuat daya kerja obat antinyeri tersebut. Obat penghilang nyeri lainnyatidak dianjurkan, misalnya metamizol (Novalgin, Antalgin) dan propifenazon (kombinasi Paramex) sehubungan dengan efek sampingnya.

Dianjurkan untuk memeriksakan diri pada dokter bila sakit kepala semakin sering dan parah, disertai gejala-gejala saraf (misalnya kehilangan rasa, penglihatan kabur, daya ingat hilang) karena dapat merupakan isyarat bagi penyakit yang lebih serius.

Loading...