Vitamin C sebagai Obat Kolesterol Tinggi

 

kesehatankeluarga.netVitmin C (asama askorbat) terdapat dalam banyak sayuran dan terbanyak dalam paprika merah (150mg/100g), lebih sedikit dalam jenis-jenis kol (kemabang kol dan kol hijau 80 mg, kol putih 30mg/100g). Juga dalam singkong (34 mg), ubi rambat (24 mg) dan kentang ( 8 mg) dan berbagai jenis buah kiwi (70 mg), mangga dan jeruk (50 mg), grapefruit/jeruk nipis (40 mg) dan nenas (25 mg/100 g).

Asam ini mudah sekali diuraikan dan di in-aktifkan bila sayuran dimasak terlalu lama. Kekurangan vitamin C mengakibatkan skorbut, suatu penyakit ganas yang dahulu pada Zaman Pertengahan sering kali fatal bagi anak buah kapal.

Khasiatnya

Vitamin C berguna meningkatkan HDL dan menstimulasi pelarutan kolesterol yang terendapkan pada dinding pembuluh dan meningkatkan transpornya ke hati. Vitamin C juga mendorong perombakannya menjadi asam empedu. Pada dosis tinggi (3 kali sehari 1-2 g) mampu mengaktifasi lekosit-lekosit tertentu yang berperan dalam daya tangkis tubuh dan mempercepat perbanyakan. Berkat sifat ini sering kali dianjurkan sebagai obat anti flu. selesma dan flu. Vitamin C juga bersifat antioksidan dan mampu mengikat radikal bebas (“free radicals”), yang diperkirakan dapat merusak sel-sel tubuh yang pada akhirnya mengakibatkan kanker.

Efek samping dari dosis tinggi adalah diare. Untuk menghindari iritasi lambung, vitamin C sebaiknya diminum sebagai garam kalsiumnya yang netral (kalsium askorbat) atau diminum setelah makan atau kapsul vitamin C lepas lambat. Risiko akan timbulnya batu ginjal yang sering kali dikhawatirkan, menurut penyelidikan belum pernah terjadi.

Dosis: umumnya 1 kali sehari 100 mg, untuk menurunkan kolesterol tinggi 1 kali sehari 500-1.000 mg dan untuk mempercepat sembuhnya influenza 3 kali sehari 1 g selam 3-4 hari.

BACA:  Tips Obat Untuk Wanita Hamil dan Janin

TOPIK MENARIK LAINNYA

DEFINISI kesehatan masyarakat, biaya ronsen perut, Dumoxilin, Berikut guna api bagi masyarakat praaksara kecuali , percakapan swamedikasi diare, Penambah dosis obat lelap, obat infrasil, Obat tulisan Pim warna Pink, Apakah obat sulpa dilamik, cara minum asam folat, beda trombopop merah dan hijau, antimo campur kopi, lococalk, cara nglepas perban yg habis sunat, nama ilmiah jamur tape

Leave a Reply