PEMBERANTASAN PENYAKIT MENULAR

Kesehatankeluarga.netPenyakit menular adalah penyakit yang disebabkan benda hidup seperti virus, bakteri, rickettsia, jamur, protozoa, dan metezoa atau cacing. Oleh karenanya penyakit dapat menular dari satu penderita ke orang lain yang peka. Penyakit menular tertentu, berdasarkan peraturan perlu dilaporkan/terkena wajib lapor, misalnya Hepatitis, Cholera, Thypus, dan lain-lainnya. Hal ini dilakukan untuk keperluan pengendalian, isolasi, pemberantasan, pencegahan epidemi, sanitasi transportasi dan lain-lain.

Untuk kepentingan pemberantasan yang menggunakan strategi menghilangkan cara transmisi penyakit, maka penyakit seringkali dikelompokkan atas dasar cara penyebarannya. Hal ini sangat penting untuk mencegah menjalarnya penyakit dari satu daerah ke daerah yang lain. Disinilah pentingnya peran kesehatan lingkungan, yakni mencegah menyebarnya penyakit lewat lingkungan. Adapun pengelompokkan tersebut adalah sebagai berikut:

 

•Penyakit bawaan air dan makanan
•Penyakit bawaan udara
•Penyakit bawaan tanah dan
•Penyakit bawaan vektor.

BACA:  Cara Mengobati Hipersensitifitas Saluran Cerna Bayi

TOPIK MENARIK LAINNYA

efek samping bawang merah untuk karet, pinggang terbentur, Ciri ciri bintitan sudah mau sembuh, tertusuk duri lcd 10, Kenapa obat tetes mata herbal Honey Drops tidak boleh di pakai mata sudah di oprasi, kegunaan salep klorampekol, merk gliserin di apotik, pipet kaca di alfamart, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara melarutkan kapur barus, cara membuat bubuk gatal sederhana, cara mengeluarkan plastik dari perut sapi, cara beli pipet kaca di apotik, efek samping cream bl