PEMBERANTASAN PENYAKIT MENULAR

Kesehatankeluarga.netPenyakit menular adalah penyakit yang disebabkan benda hidup seperti virus, bakteri, rickettsia, jamur, protozoa, dan metezoa atau cacing. Oleh karenanya penyakit dapat menular dari satu penderita ke orang lain yang peka. Penyakit menular tertentu, berdasarkan peraturan perlu dilaporkan/terkena wajib lapor, misalnya Hepatitis, Cholera, Thypus, dan lain-lainnya. Hal ini dilakukan untuk keperluan pengendalian, isolasi, pemberantasan, pencegahan epidemi, sanitasi transportasi dan lain-lain.

Untuk kepentingan pemberantasan yang menggunakan strategi menghilangkan cara transmisi penyakit, maka penyakit seringkali dikelompokkan atas dasar cara penyebarannya. Hal ini sangat penting untuk mencegah menjalarnya penyakit dari satu daerah ke daerah yang lain. Disinilah pentingnya peran kesehatan lingkungan, yakni mencegah menyebarnya penyakit lewat lingkungan. Adapun pengelompokkan tersebut adalah sebagai berikut:

•Penyakit bawaan air dan makanan
•Penyakit bawaan udara
•Penyakit bawaan tanah dan
•Penyakit bawaan vektor.

BACA:  Cara Menghindari Infeksi Jamur

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melunakan karet anting, bolehkah penderita sakit lambung minum antimo, efek insto dicampur kopi, Apakah obat luka betadin ada kadaluarsa nya, sprite campur micin, ikan jeruk mengandung cacing pita, Obat bius untuk anjing yang di jual di apotik, skrip iklan obat batuk, cairan infus untuk gatal, Obat yang menggunakan pipet kaca di alfamart, manfaat air infus untuk gatal, minum obat cacing saat haid, buah pateng, manfaat penyuluhan kesehatan, nama lain pil atom