Nevirapin Obat Antiretroviral

 

https://kesehatankeluarga.netViramune

Derivate diazepin-dipirido ini (1998), sama dengan efevirenz, bukan derivate nukleosida, tetapi khasiatnya sama, yaitu menghambat reverse transcriptase, bila digunakan sebagai monoterapi dengan cepat terjadi resistensi, maka selalu digunakan bersama dua RTI nukleosida: lamivudin + AZT atau stavudin.

Kombinasi dengan penghambat protease  (PI) tidak mungkin karena menurunkan kadar plasma PI. Nevirapin mencapai  otak dan dapat digunakan pada demensia akibat AIDS.

Resorpsinya dari usus baik dengan BA 93%, PP-nya kurang lebih 60%. Dapat melintasi CCS dan kadarnya di cairan otak kurang lebih 45% dari kadar plasma.

Masa paruhnya 25-30 jam. Ekskresinya melalui urin untuk 80% sebagai glukuronida atau metabolit hidroksilnya, hanya 5% secara utuh.

Efek sampingnya relative sedikit tetapi agak serius, khususnya rash dan gangguan fungsi hati yang hebat. Selain itu dilaporkan juga demam, mual dan sakit kepala.

Efek positif yang tak terduga adalah peningkatan HDL-Kolesterol dengan 35% lebih (dibandingkan maks.15% dengan obat-obat statin).

Interaksi terjadi dengan obat TBC rifampisin dan Rifabutin, yang kadar plasmanya diturunkan. Begitupula efektifitas pil antihamil  dapat dikurangi.

Dosis: permula 1 dd 200 mg selama 14 hari, lalu 2 dd 200 mg ac atau pc.

BACA:  Cara Menangani dan Mengobati Bisul

TOPIK MENARIK LAINNYA

makalah ekologi dan peran jamur, Cara melepas perban saat sunat, kucing menyusui boleh gak dikasih ragi, bolehkah setelah minum obat minum yakult, artikel tentang jenis jenis pekerjaan sesuai dengan tempat tinggal, timbul bentol merah pada lejer dan punggung, bir bintang kadaluarsa, cara kerja dulcolax, jenis-jensi kewirausahaan bidang kesehatan, yakult untuk kucing, Minum sprite campur garam apa bisa menghilangkan batuk, icd 10 tusuk paku, mimpi mengganti popok bayi laki laki, Mentega untuk tanduk domba, harga synapsyl