Nevirapin Obat Antiretroviral

https://kesehatankeluarga.netViramune

Derivate diazepin-dipirido ini (1998), sama dengan efevirenz, bukan derivate nukleosida, tetapi khasiatnya sama, yaitu menghambat reverse transcriptase, bila digunakan sebagai monoterapi dengan cepat terjadi resistensi, maka selalu digunakan bersama dua RTI nukleosida: lamivudin + AZT atau stavudin.

Kombinasi dengan penghambat protease  (PI) tidak mungkin karena menurunkan kadar plasma PI. Nevirapin mencapai  otak dan dapat digunakan pada demensia akibat AIDS.

Resorpsinya dari usus baik dengan BA 93%, PP-nya kurang lebih 60%. Dapat melintasi CCS dan kadarnya di cairan otak kurang lebih 45% dari kadar plasma.

Masa paruhnya 25-30 jam. Ekskresinya melalui urin untuk 80% sebagai glukuronida atau metabolit hidroksilnya, hanya 5% secara utuh.

Efek sampingnya relative sedikit tetapi agak serius, khususnya rash dan gangguan fungsi hati yang hebat. Selain itu dilaporkan juga demam, mual dan sakit kepala.

Efek positif yang tak terduga adalah peningkatan HDL-Kolesterol dengan 35% lebih (dibandingkan maks.15% dengan obat-obat statin).

Interaksi terjadi dengan obat TBC rifampisin dan Rifabutin, yang kadar plasmanya diturunkan. Begitupula efektifitas pil antihamil  dapat dikurangi.

Dosis: permula 1 dd 200 mg selama 14 hari, lalu 2 dd 200 mg ac atau pc.

BACA:  Dosis Serta Efek Samping Obat Retroviral Tenofovir dan Zidovudin

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melunakan karet anting, bolehkah penderita sakit lambung minum antimo, efek insto dicampur kopi, Apakah obat luka betadin ada kadaluarsa nya, sprite campur micin, ikan jeruk mengandung cacing pita, Obat bius untuk anjing yang di jual di apotik, skrip iklan obat batuk, cairan infus untuk gatal, Obat yang menggunakan pipet kaca di alfamart, manfaat air infus untuk gatal, minum obat cacing saat haid, buah pateng, manfaat penyuluhan kesehatan, nama lain pil atom