Jenis Obat Tetes Mata

https://kesehatankeluarga.neta. Zat penyempit pembuluh (vasokonstriktor) digunakan untuk mengobati gejala-gejala, seperti rasa nyeri, gatal-gatal, kemerahan dan perasaan “terbakar”.

Yang banyak digunakan adalah ksilometazolin (Otrivin), oksimetazolin (afrin, iliadin) dan fenilefrin (Indofrin). Obat-obat ini juga berkhasiat menghilangkan pembengkakan selaput lendir, terdapat pula dalam obat tetes hidung tersumbat.

 

Digunakan 3-6 kali sehari 1-2 tetes pada mata (dan di hidung), kadang-kadang timbul perasaan pedih sementara.

Obat-obat ini bila digunakan terlampau sering dapat diserap kedalam darah, meningkatkan tekanan darah dan mengakibatkan debar jantung.

Oleh karena itu jangan digunakan terlampau sering dan berhati-hati pada anak kecil di bawah umur 6 tahun, terutama tetes mata yang mengandung efedrin.

b. Antihistamin adakalanya ditambahkan untuk mengatasi reaksi alergi dan gatal-gatal, misalnya antazolin (Indofrin-A), yang memerlukan resep dokter. Begitu pula zat pencegah reaksi alergi kromoglikat (Opticrom).

c. Zat pengerut (adstringens) sering digunakan pula untuk mengatasi mata merah dan lelah, misalnya sengsulfat 0,25-0,5 %. Obat ini juga terdapat dalam cairan cuci mata (Optrex) bersama zat-zat terbang (mudah menguap) dari tumbuhan “hazel” (Hamamelis mollis) dengan efek menyejukkan.

d. Zat antiseptic banyak digunakan sebagai cairan cuci mata pada mata lelah dan terkena debu, yakni sediaan boor water 3% (sebaiknya 2% yang kurang merangsang).

Daya bakteriostatiknya agak lemah dan bila disimpan terlalu lama dalam larutan ini justru dapat berkembang biak bakteri-bakteri. Sebaiknya jangan disimpan lebih lama dari 1 bulan.

Untuk infeksi mata oleh kuman masih tersedia banyak obat resep dengan antibiotika dan sulfa yang sangat ampuh.

Perhatian!

Akhirnya perlu ditekankan disini, bahwa penanganan sendiri dari gangguan-gangguan ringan tersebut diatas tidak boleh dilakukan terlampau lama!  Bila setelah 2 sampai 3 hari belum juga ada tanda perbaikan, maka harus pergi kedokter untuk diperiksa lebih teliti!

BACA:  Dosis Serta Efek Samping Obat Retroviral Tenofovir dan Zidovudin

TOPIK MENARIK LAINNYA

nama nama obat dan mekanismenya, codein untuk batuk kering, apakah freshcare bisa expired, Luka poros, Pengobatan alami luka poros, Efek luka poros, cara mengeluarkan plastik dari perut sapi, kenapa kalpanax cair ditarik dari peredaran, kalpanax cair hilang dari peredaran, kalpanax cair ditarik dari peredaran, cara membengkokkan kaca pipet, bokep anak kecil, cara melarutkan kapur barus, harga obat proneuron, pipet kaca di alfamart