Jenis-Jenis Obat Tablet yang banyak digunakan

kesehatankeluarga.netTablet isap

Dimaksudkan bekerja setempat di mulut atau tenggorok. Tablet hendaknya diisap dengan perlahan-lahan tanpa dikunyah. Banyak tablet isap mengandung suatu zat antiseptic untuk menghentikan pertumbuhan atau mematikan kuman.

Tablet efervesen

Tablet yang mengandung zat pembantu yang akan bereaksi dan mengeluarkan gas (karbondioksida) bila tablet dimasukkan kedalam air. Dengan demikian obat akan melarut lebih cepat. Jenis tablet ini banyak digunakan untuk vitamin.

Tablet kunyah

Tablet kunyah harus dikunyah sampai halus sekali untuk mencapai efek obat optimal sebelum diminum dengan air. Sering kali mengandung obat lambung.

Tablet retard

Dibelakang nama tablet tertera retard, durette atau SR (slow release) yang berarti tablet bekerja jangka panjang. Tablet ini tidak boleh dikunyah dan harus ditelan secara utuh dengan air. Hanya boleh dipecah dua, jika terdapat garis pembagi diatas tablet.

Tablet tahan asam(enteric coated)

Mengandung suatu lapisan tertentu yang tahan asam sehingga tablet tidak pecah dilambung, tetapi di usus halus. Biasanya tablet demikian tersalut dengan suatu lapisan gula atau pvp (dragee, sugar atau film coated). Tablet jenis ini digunakan untuk obat yang merangsang atau menimbulkan mual, misalnya obat sembelit bisakodil (dulcolax). Jelas bahwa tablet ini tidak boleh dipecahkan sebelum ditelan.

BACA:  Penggolongan Sulfanomida dan Dosisnya Pada Anak

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melarutkan kamper, berapa dosis minum you c 1000 sehari, obat tetes mata campur kopi, biopradin, nama nama paten paracetamol, nama obar yang sering digunakan, apakah kucing menyusui boleh dikasih ragi, bokep anak dan orang tua, Efek samping cairan infus kadaluarsa, obat warung bikin mabok, KODE ICDX TERTUSUK PAKU, obat lambung yang dimasukan lewat dubur, contoh perilaku tidak sehat yang terjadi di masyarakat, mekanisme kerja Promethazine, Seueul angen hartina