Budaya dan Pola Kesehatan lingkungan

kesehatankeluarga.netSesuai dengan perkembangan budaya masyarakat, terdapat masalah kesehatan lingkungan angka penyakit, angka kematian, dan kesehatan yang setara budaya tersebut. Semuanya ini ditentukan oleh interaksi manusia dengan lingkungan, seperti tampak pada tabel  berikut ini.

 

LINGKUNGAN

 

Bagi manusia, lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitarnya, baik berupa benda hidup, benda mati, benda nyata ataupun abstrak, termasuk manusia lainnya,serta suasana yang terbentuk karena terjadinya interaksi di antara elemen-elemen di alam tersebut. Lingkungan itu sangat luas, oleh karenanya seringkali dikelompokkan untuk mempermudah pemahamannya.

Klasifikasi Lingkungan

Tergantung kebutuhan, lingkungan dapat diklasifikasikan dengan berbagai cara sebagagai berikut:

  1. Lingkungan yang hidup (biotis) dan lingkungan tidak hidup (abiotis)
  2. Lingkungan alamiah, dan lingkungan buatan (manusia).
  3. Lingkungan prenatal dan lingkungan ponstnatal.
  4. Lingkungan biofisis dan lingkungan psikososial.
  5. Lingkungan air (hydrosfir), linkungan udara (atmosfir), lingkungan tanah (litosfir), lingkungan biologis (biosfir), dan lingkungan sosial (sosiosfir).
  6. Kombinasi dari klasifikasi-klasifikasi tersebut.

kesehatankeluarga.net

BACA:  MENGENAL EKOLOGI MANUSIA

TOPIK MENARIK LAINNYA

kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm