Budaya dan Pola Kesehatan lingkungan

kesehatankeluarga.netSesuai dengan perkembangan budaya masyarakat, terdapat masalah kesehatan lingkungan angka penyakit, angka kematian, dan kesehatan yang setara budaya tersebut. Semuanya ini ditentukan oleh interaksi manusia dengan lingkungan, seperti tampak pada tabel  berikut ini.

LINGKUNGAN

 

Bagi manusia, lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitarnya, baik berupa benda hidup, benda mati, benda nyata ataupun abstrak, termasuk manusia lainnya,serta suasana yang terbentuk karena terjadinya interaksi di antara elemen-elemen di alam tersebut. Lingkungan itu sangat luas, oleh karenanya seringkali dikelompokkan untuk mempermudah pemahamannya.

Klasifikasi Lingkungan

Tergantung kebutuhan, lingkungan dapat diklasifikasikan dengan berbagai cara sebagagai berikut:

  1. Lingkungan yang hidup (biotis) dan lingkungan tidak hidup (abiotis)
  2. Lingkungan alamiah, dan lingkungan buatan (manusia).
  3. Lingkungan prenatal dan lingkungan ponstnatal.
  4. Lingkungan biofisis dan lingkungan psikososial.
  5. Lingkungan air (hydrosfir), linkungan udara (atmosfir), lingkungan tanah (litosfir), lingkungan biologis (biosfir), dan lingkungan sosial (sosiosfir).
  6. Kombinasi dari klasifikasi-klasifikasi tersebut.

kesehatankeluarga.net

BACA:  PROGRAM SERTA TUJUAN LAIN DARI KESEHATAN MASYARAKAT DAN KESEHATAN LINGKUNGAN

TOPIK MENARIK LAINNYA

efek samping bawang merah untuk karet, pinggang terbentur, Ciri ciri bintitan sudah mau sembuh, tertusuk duri lcd 10, Kenapa obat tetes mata herbal Honey Drops tidak boleh di pakai mata sudah di oprasi, kegunaan salep klorampekol, merk gliserin di apotik, pipet kaca di alfamart, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara melarutkan kapur barus, cara membuat bubuk gatal sederhana, cara mengeluarkan plastik dari perut sapi, cara beli pipet kaca di apotik, efek samping cream bl