Bagaimana Sifat dan Fungsi Kolesterol

https://kesehatankeluarga.netSifat-Sifat Kolesterol

Kolesterol adalah komponen lemak yang merupakan bahan bangun penting dalam tubuh kita. Organ tubuh yang mengandung banyak kolesterol terutama otak, yaitu mengandung 10%  dari  berat totalnya. Kolesterol dibentuk di semua sel tubuh, terutama di hati, yaitu sebesar 1000 mg sehari. Sumber lain dari kolesterol adalah asupan melalui makanan sebesar mg kolesterol sehari. Kolesterol yang berlebihan diubah menjadi asam empedu dan dikeluarkan dari tubuh, terutama dalam bentuk empedu.

Fungsinya

Kolesterol mempunyai 3 fungsi penting dalam tubuh. Pertama kolesterol merupakan komponen dari semua dinding sel, bersama antara lain letisin. Kolesterol dalam hati, seperti sudah disinggung di atas, digunakan sebagai bahan pembangun empedu. Empedu dikeluarkan dalam usus 12 jari dan berfungsi mengelmusi lemak menjadi butir-butir kecil, hingga mudah diserap oleh dinding usus.

Kolesterol dalam anak ginjal digunakan sebagai bahan dasar sintesis hormon-hormon penting, yaitu hormon kelamin (pria dan wanita) dan hormon stres kortisol (hidrokortison). Zat terakhir memegang peranan yang sangat penting pada pertahanan tubuh terhadap peradangan.

BACA:  Jadwal Imunisasi Buah Hati

TOPIK MENARIK LAINNYA

bahaya infus bergelembung, Kasiat serbuk erba, biopradyn, Mentega untuk tanduk domba, bagaimana jika bentadin kalduasa diapakai, cara membuat gelang dari tanduk domba, cara mengatasi tembakau yang berjamur, Obat tertusuk tusuk sate, 120 gram gula setara dengan berapa sendok makan, apakah kucing menyusui boleh makan ragi, cairan infus tahan berapa lama setelah di buka, Antimo campur kopi hitam, apakah yakult bisa untuk kucing, cito veuron, Lagi batuk boleh minum You C 1000 pa ngga\