3 Jenis Sindrom Utama Virus Dengue

 

https://kesehatankeluarga.netVirus dengue terdapat 4 varian dan bisa mengakibatkan tiga jenis sindrom utama, yaitu:

1.Demam dengue klasik (DD) yang paling sering timbul.

Masa inkubasinya antara 3-10 hari dengan gejala utama demam akut yang meningkat, sakit kepala, dan nyeri persendian yang hebat. Setelah ±6 hari demam mereda dan pada separuh dari penderita muncul ruam yang bertahan selama 2-3 hari. Infeksi ini kebanyakan berlangsung tanpa komplikasi dan penderita sembuh sesudah ±7 hari tanpa gejala sisa.

2.Demam berdarah dengue (DBD).

Pada sejumlah kecil penderita terjadi infeksi kedua kalinya oleh strain yang berlainan, penyakit menjadi ganas dengan timbul perdarahan-perdarahan parah spontan. Tiga sampai empat hari setelah timbulnya gejala penyakit, keadaan memburuk dengan munculnya perdarahan di banyak tempat, antara lain dibawah permukaan kulit, hidung, dan gusi. Juga dapat timbul nyeri perut akut dan muntah, antara lain akibat perdarahan abdominal. Jumlah trombosit menurun.

3.Sindroma renjatan dengue (dengue shock syndrome, DSS) akhirnya penderita dapat mengalami syok, yang berciri hipotensi dengan kulit terasa dingin dan denyut nadi lemah tetapi cepat.

Kedua jenis terakhir merupakn bentuk yang parah dari dengue. Bila tidak ditangani dengan baik, DBD dan DSS akan berakhir fatal dalam 50% dari kasus.

BACA:  Respon Manusia Terhadap Stimuli

TOPIK MENARIK LAINNYA

kode alam togel tangan tertusuk duri, apakah di apotik ada belerang, Chloramphenicol bisa ditabur?, MAKALAH MUNTABER, penyakit brahma, Poto telajang, seprit dapat meredahkan batuk, minum panadol dan kopi, daftar nama obat yang menggunakan pipet kaca, biopradin, percakapan swamedikasi diare, Obat tulisan pim warna hijau, Obat bertuliskan pim warna hijau, pk obat gatel, pengertian kebersihan mulut dan gigi menurut para ahli

Leave a Reply