BAGAIMANA MENJAWAB TANTANGAN PERUBAHAN KUALITAS LINGKUNGAN

kesehatankeluarga.netSejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi , serta aplikasinya dalam pembangunan negara, pemanfaatan sumber daya alam akan meningkat. Begitu pula dengan buangan berbahanyanya, sehingga kualitas lingkungan hidup akan terus berubah secara dinamis. Beban lingkungan dalam mununjang pembangunan akan semakin berat. Pertumbuhan industri diberbagai bidang serta tekanan terhadap sumber daya alam menyebabkan timbulnya permintaan, inovasi, dan produksi sumber bahan sintesis, yang sering tergolon dalam bahan berbahaya, demikina pula buangannya.Insdustrialisasi akan membawa serta kebutuhan akan pemukiman tenaga kerja yang terkonsentrasi di daerah urban/periurban. Kota-kota akan bertambah, baik jumlah maupun besarnya. Dengan demikian permintaan akan pelayanan kesehatan lingkungan akan bertambah dan semakin komplex.

Perubahan kualitas lingkungan yang cepat ini merupakan tantangan bagi manusia untuk dapat menjaga fungsi lingkungan hidup agar tetap normal sehingga daya dukung kelangsungan hidup manusia di bumi ini tetap lestari, dan kesehatan masyarakat tetap terjamin. Oleh karenanya perlu ditumbuhkan strategi baru untuk dapat meningkatkan dan memelihara kesehatan masyarakat, yakni:

  • setiap aktivitas harus didasarkan atas kebutuhan manusia,
  • ditunjukkan pada kehendak masyarakat,
  • direncanakan oleh semua fihak yang berkepengtingan,
  • didasarkan atas prinsip-prinsip ilmiah,
  • dan dilaksanakan secara manusiawi.
BACA:  Manusia Yang Ramah Lingkungan

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melunakan karet anting, bolehkah penderita sakit lambung minum antimo, efek insto dicampur kopi, Apakah obat luka betadin ada kadaluarsa nya, sprite campur micin, ikan jeruk mengandung cacing pita, Obat bius untuk anjing yang di jual di apotik, skrip iklan obat batuk, cairan infus untuk gatal, Obat yang menggunakan pipet kaca di alfamart, manfaat air infus untuk gatal, minum obat cacing saat haid, buah pateng, manfaat penyuluhan kesehatan, nama lain pil atom