Cara Mengatasi Dehidrasi Akibat Diare

http://kesehatankeluarga.netPenderita diare berat yang tidak cukup minum, menghadapi risiko besar akan kehilangan cairan beserta elektrolit (garam-garam tertentu) dari tubuh.

Dehidrasi adalah suatu keadaan yang sangat berbahaya dan dapat berakibat fatal. Gejala-gejalanya berupa mulut, bibir dan mata kering, perasaan sangat haus, kulit keriput (hilang kelenturannya), berkurangnya air seni (tidak berkemih untuk waktu lama) dan juga perasaan lesu. Semakin kuning warna urin, semakin banyak cairan tambahan yang di butuhkan pleh tubuh.

Dehidrasi dapat dihindari dengan menggantikan cairan dan mineral yang hilang akibat diare. Untuk maksud ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyusun dan menganjurkan penggunaan ORS (Oral Rehydration Salt), suatu larutan yang mengandung antara lain glukosa, natrium dan kaliumklorida serta bikarbonat atau sitrat (lebih stabil). Glukosa dalam larutan natrium klorida (garam dapur) berkhasiat meningkatkan penyerapan air oleh dinding usus, ±25 kali lebih banyak dari biasa. Larutan glukosa-garam ini hanya bekerja mencegah dehidrasi.

Loading...

ORS dapat dibeli bebas di apotik sebagai serbuk dalam bungkusan (Oralit), yang harus dilarutkan sendiri dalam air matang atau sebagai larutan-jadi untuk anak-anak (Pedyalyte)

ORS-Tepung beras.

Tepung berasa sebagai pengganti dari glukosa dalam campuran ORS adalah sama efektifnya, bahkan bekerja lebih pesat dan dapat mengurangi banyaknya tinja maupun lamanya diare. Lagipula tepung beras mengandung sedikit protein yang diuraikan menjadi asam-asam amino, yang juga membantu efektifitasnya. Keberatannya adalah bahwa bayi dibawah usia 3 bulan tidak dapat mencernakan pati beras dengan sempurna karena penkreasnya belum membuat cukup amilase.

Pembuatan sendiri larutan gula – garam.

Dalam keadaan darurat larutan gula-garam yang hampir sama efektifnya dengan ORS, dapat dengan mudah kita buat sendiri dengan melarutkan gula putih 1 sendok makan (± 20 g) dan garam dapur 1 sendok the (3,5 g) dalam 1 liter air matang. Bila kebetulan tersedia glukosa, lebih baik menggunakannya dari pada gula putih karena gula putih sendiri kadang kala dapat menimbulkan diare.

Perhatian!

Pasien diare yang berat harus segera dibawa ke rumah sakit untuk diberi ORS melalui infus.

Loading...