Cara Menangani Sendiri Infeksi Cacing

http://kesehatankeluarga.netPenanganan sendiri

Sebelum melakukan penanganan sendiri, perlu sekali menentukan dengan seksama jenis cacing penyebabnya. Untuk itu tinja perlu diperiksa secara mikroskopis untuk melihat telurnya. Cacing pita dalam tinja tidak midah dikenali pleh awam. Oleh karena itu, pada prinsipnya penanganan sendiri hanya dianjurkan untuk infeksi oleh cacing kremi dan cacing gelang, yang lebih mudah dikenali.

Obat-obat cacing

Loading...

Banyak obat cacing memiliki khasiat yang efektif terhadap satu sampai tiga jenis cacing sekaligus, tetapi hanya beberapa saja yang sangat luas daya kerjanya. Oleh karena itu, obat pilihan pertama adalah obat bebas terbatas mebendazol (vermox, trivexan) dengan daya kerja ampuh terhadap cacing kremi, gelang, tambang, cambuk dan benang. Dosisnya bergantung pada jenis cacing.

Untuk cacing kremi dan cacing gelang tersedia pilihan kedua, yaitu pirantel (combantrin, trivexan komb) yang sama ampuhnya dengan mebendazol. Penyerapan dan efek sampingnya juga ringan dan dapat pula diberikan sebagai dosis tunggal. Akhirnya masih dapat pula disebut obat tua piperazin (upixon) yang karena efek sampingnya terhadap saraf, sekarang ini tidak dianjurkan lagi.

Bagi cacing gelang masih terdapat pilihan ketiga, yaitu obat ampuh levamisol (askaridil, askamex). Obat ini juga diminum sebagai single dose.

Terhadap cacing tambang dapat digunakan pirantel dan levimasol. Terhadap cacing pita semua obat ini kurang ampuh dan diperlukan obat unggul lain yang hanya dapat diperoleh dengan resep dokter, yaitu niklosamida (yomesan).

  • Perhatian!

Infeksi cacing keremi yang pada umumnya dimulai dari satu anak biasanya juga menular ke anggota keluarga lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya seluruh keluarga diobati. Wanita hamil pada prinsipnya tidak dianjurkan untuk menggunakan obat cacing karena belum cukup penelitian mengenai keamanannya bagi janin. Pengobatan harus ditunda sampai setelah bersalin.

Loading...