Gangguan Batuk atau Pilek

https://kesehatankeluarga.netSetiap orang, tua atau muda, pernah menderita gangguan batuk atau pilek, yang secara keliru lazimnya disebut influenza atau flu. Berhubung batuk mengganggu dirinya sendiri maupun lingkungannya, maka dapat dimengerti bahwa orang ingin secepatnya menekan gejala batuk ini dengan minum suatu obat pereda batuk.

Tetapi apakah tindakan demikian selalu tepat? Bila batuk disebabkan oleh sesuatu yang menggelitik tenggorok sehingga orang misalnya tidak dapat tidur atau mengganggu sekali bila bicara, maka menggunakan obat pereda batuk dalam keadaan demikian adalah tepat. Namun bila saluran nafas penuh dengan lendir, maka mekanisme batuk yang mengeluarkan dahak ini justru sangat bermanfaat, misalnya pada penyakit bronchitis. Dapat dipahami bahwa dalam keadaan demikian penggunaan obat-obat yang menekan reflex batuk adalah tidak tepat.

 

Perlu juga diketahui bahwa gejala batuk dapat ditimbulkan oleh asam lambung yang merangsang saluran nafas (bahasa inggris reflux atau heartburn).

Batuk kering yang mengelitik dan menjemukkan dapat juga sebagai akibat obat penurun tekanan darah yang disebut ACE inhibitors, seperti misalnya captopril dan lisinopril.

BACA:  Mengenal Penyebab Penyakit Gondong

TOPIK MENARIK LAINNYA

efek samping bawang merah untuk karet, pinggang terbentur, Ciri ciri bintitan sudah mau sembuh, tertusuk duri lcd 10, Kenapa obat tetes mata herbal Honey Drops tidak boleh di pakai mata sudah di oprasi, kegunaan salep klorampekol, merk gliserin di apotik, pipet kaca di alfamart, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara melarutkan kapur barus, cara membuat bubuk gatal sederhana, cara mengeluarkan plastik dari perut sapi, cara beli pipet kaca di apotik, efek samping cream bl