Dosis Mitoxantron dan Bleomisin

 

https://kesehatankeluarga.netMitoxantron (Novantrone) adalah derivate doksorubisin yang kurang toksis (1984), tetapi aktivitasya juga lebih ringan. Obat ini terutama digunakan pada kanker mamma yang tersebar dan limfoma non-Hodgkin. Tidak ada resistensi silang dengan adriamisin.

Dosis: infuse i.v 12 mg/m2 setiap 3 minggu

Bleomisin: Bleocin, Bleomycin

Obat ini adalah campuran dari dua zat yang dihasilkan oleh Streptomuces verticillus (1966). Efektif sekali untuk kanker testis, kombinasi dengan vinblastin dan cisplatin dapat menyembuhkan tuntas sebagian besar dari pasien.

Obat ini juga digunakan pada limfoma Hodgkin dan kanker lain, khususnya didaerah kepala dan leher. Efek sitotoksisnya diduga akibat pembentukan radikal oksigen.

Efek sampingnnya yang paling berat adalah sifat toksisnya bagi paru-paru (pneumotoksis): batuk, radang dan fibrosis (fatal 1%). Oleh karena itu terapi perlu disertai monitoring fungsi paru.

Selain itu sering kali merusak kulit dan mukosa, juga dapat menimbulkan reaksi anafilaktis. Tidak bekerja imunosupresif dan hanya myelotoksis ringan.

Dosis: i.v atau i.m 1x seminggu 5-20 UI/ m2.

BACA:  Jenis Obat Dokter dan Obat Khusus Untuk Mencegah Osteoporosis

TOPIK MENARIK LAINNYA

efek dari racun tikus, phenol glycerol, salep whitfield, Antimo campur kopi Hitam, Harga pipet di Apotik K24, efek samping neprholit, theramichin, cara mengatasi luka getah jambu mente, larutan burowi, penanganan mata terkena getah katus, Getah kaktus kena mata, Cara mengobati mata Terkena getah kaktus, anti nyeri kecelakaan, rohto cool untuk anak 3 tahun, ginjal minum yakult