Dosis Mitoxantron dan Bleomisin

https://kesehatankeluarga.netMitoxantron (Novantrone) adalah derivate doksorubisin yang kurang toksis (1984), tetapi aktivitasya juga lebih ringan. Obat ini terutama digunakan pada kanker mamma yang tersebar dan limfoma non-Hodgkin. Tidak ada resistensi silang dengan adriamisin.

Dosis: infuse i.v 12 mg/m2 setiap 3 minggu

 

Bleomisin: Bleocin, Bleomycin

Obat ini adalah campuran dari dua zat yang dihasilkan oleh Streptomuces verticillus (1966). Efektif sekali untuk kanker testis, kombinasi dengan vinblastin dan cisplatin dapat menyembuhkan tuntas sebagian besar dari pasien.

Obat ini juga digunakan pada limfoma Hodgkin dan kanker lain, khususnya didaerah kepala dan leher. Efek sitotoksisnya diduga akibat pembentukan radikal oksigen.

Efek sampingnnya yang paling berat adalah sifat toksisnya bagi paru-paru (pneumotoksis): batuk, radang dan fibrosis (fatal 1%). Oleh karena itu terapi perlu disertai monitoring fungsi paru.

Selain itu sering kali merusak kulit dan mukosa, juga dapat menimbulkan reaksi anafilaktis. Tidak bekerja imunosupresif dan hanya myelotoksis ringan.

Dosis: i.v atau i.m 1x seminggu 5-20 UI/ m2.

BACA:  Efek Samping dan Dosis Asiklovir

TOPIK MENARIK LAINNYA

bolehkah kucing menyusui diberi ragi, batuk apa boleh minum yakult, bokop gadis bawa umur terbaru, Bagaimana cara mengeluarkan getah Karet dari bak nya, kode pcare tertusuk paku di kaki, Obat penumbuh tanduk domba alami, Cara mengatasi tembakau jamuran, selang infus bergelembung, obat penumbuh daging di apotik, cara melarutkan kapur barus, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi, cara membuat obat bius sederhana, kalpanax cair ditarik