Antibiotika Lepra

https://kesehatankeluarga.netAda tiga antibiotika terhadap M. Lepra yang sedang diselidiki efektifitasnya, yakni ofloksasin, minosiklin dan klaritromisin yang diharapkan dapat mempersingkat waktu terapi lepra.

Multidrug therapy (MDT) yang dianjurkan WHO sebagai terapi pilihan pertama adalah:

 

1. Lepra tuberkuloid: depson 100 mg 1 x sehari dan rifampin 600 mg 1 x sebulan selama 6 bulan;

2. Lepra lepromatosus: depson 100 mg 1 x sehari, rifampisin 600 mg 1 x sebulan dan klofazimin 50 mg 1 x sehari + 300 mg 1 x sebulan selama minimal 2 tahun (dan maksimal 3 tahun).

WHO menganggap penderita yang telah menyelesaikan kur dan tidak usah minum obat lagi sebagai “sembuh”. Akan tetapi pasien demikian perlu dipantau selama 8-10 tahun untuk mewaspadai timbulnya residif.

BACA:  PERBANDINGAN BIAYA PENGOBATAN VERSUS BIAYA KESEHATAN

TOPIK MENARIK LAINNYA

Salep Myrhax apakah obat keras, Yakult untuk campak, kopi campur micin, Obat tidur yang bisa dicampur kopi, uji kualitatif dimenhidrinat, obat penumbuh daging di apotik, cara melarutkan kapur barus, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi, cara membuat obat bius sederhana, kalpanax cair ditarik, perbedaan salep 88 asli dan palsu, cara membengkokkan kaca pipet, insto campur kopi