Cara Mengobati Sendiri Batuk Kering

 http://kesehatankeluarga.netPenanganan sendiri batuk kering

Untuk ini tersedia dua kelompok obat bebas, yaitu zat-zat peredam rangsangan dan antihistamin.

Zat peredam rangsangan.

Loading...

Untuk meredakan rangsangan batuk pada batuk kering yang menggelitik, tersedia dua obat yang terbukti efektif, yaitu noskapin (longatin, neocodin) serta dekstrometorfan (romilar, siladex sirop). Obat-obat ini menekan penerusan rangsangan batuk kepusat batuk.

Antihistamin

Antihistamin juga memilki efek meredakan rangsangan batuk, disamping khasiat utamanya melawan reaksi-reaksi alergi (demam musiman, gatal). Antihistamin terkenal adalah difenhidramin (banadryl sirop) dan prometasin (phenergan sirop), sirop dengan prometazin sebaiknya jangan diberikan pada anak-anak dengan usia di bawah 1 tahun.

Gula-gula (drop, permen) pada keadaan darurat juga dapat meringankan batuk karena gerakan menelan sudah memberikan efek menekan rangsangannya.

Semua obat ini sebaiknya jangan digunakan pada batuk basah yang menghasilkan banyak dahak. Hanya dalam keadaan tertentu penggunaanya dapat dibenarkan dan juga hanya dalam jangka waktu singkat, misalnya bila batuk hebat mengganggu tidur atau setelah pembedahan.

Minum cairan teh panas yang diberi madu dianjurkan untuk mengurangi iritasi jaringan tenggorok.

Perhatian

Bila dengan penanganan sendiri setelah ± satu minggu batuk belum juga hilang atau mereda, hendaknya pasien memeriksakan diri kedokter. Ada kemungkinan batuk disebabkan oleh suatu penyakit serius, seperti TBC atau tumor. Bila batuk disertai muntah-muntah terutama pada anak-anak, haruslah kita sangat waspada karena gejala ini menunjukkan kemungkinan batuk rejan.

Loading...