Cara Mencegahan Mabuk Jalan Dengan Obat Rumah Tangga

http://kesehatankeluarga.netPenanganan sendiri untuk pencegahan

Bila dari pengalaman sudah diketahui adanya kepekaan untuk mabuk jalan, maka disamping tindakan umum tersebut diatas, tersedia pula beberapa obat pencegah. Semua obat ini berkhasiat antimual, yaitu menghindari timbulnya perasaan mual sebagai gejala penting pertama, tetapi hanya efektif bila diminum sebelum memulai perjalanan. Bila diminum setelah terjadi mual dan pusing, efeknya akan nihil karena segera akan dimuntahkan lagi.

Antihistaminika

Loading...

Sebagai obat pencegah sejak lama sudah digunakan antihistaminika, terutama siklizin, dimenhidrinat dan prometazin. Karena efek burukknya terhadap janin hewan percobaan, maka obat pertama dilarang peredarannya di Indonesia sejak tahun 1963.

Namun dibanyak Negara lain, termasuk Eropa dan Amerika Serikat, siklizin (dan turunannya meklozin) dianggap aman bagi janin manusia dan hingga kini masih diperdagangkan sebagai obat bebas. Sinarizin agak lemah daya kerjanya dan jarang digunakan untuk maksud ini.

Pilahan pertama adalah prometazin (phenergan) dan dimenhidrinat (Drammine, Antimo, Travon), yang harus diminum 2 jam sebelum melakukan perjalanan.

Khasiat antimual dari zat antihistamin mungkin berdasarkan blokade dari reseptor-reseptor histamine sehingga rangsangan yang diterima dari labirin, tidak diteruskan ke pusat muntah. Berdasarkan khasiat ini, obat-obat tersebut juga dipakai pada mual kehamilan.

Obat rumah tangga

Jahe ternyata mampu untuk menghindari mabuk jalan berkat kandungan minyak atsirinnya. Dibeberapa tempat dapat dibeli bebas kapsul 500 mg serbuk jahe yang telah dikeringkan dan harus dimakan sekaligus 2 kapsul setengah jam sebelum memulai perjalanan.

Dapat pula diminum sebagai minuman (wedang) jahe atau dimakan sebagai manisan atau mengunyah sepotong kecil jahe . jahe juga efektif pada mual kehamilan. Minuman lain yang dianjurkan adalah bir jahe (Ginger ale) dengan kadar alcohol minimal (0,4%).

Loading...