Penyebab Salesma dan Flu

https://kesehatankeluarga.netVirus Flu

 

Hampir selalu secara primer disebabkan oleh satu dari ±100 virus pilek yang dikenal orang, yaitu rhinovirus (bahasa yunani rhino=hidung).

 

Virus adalah jasad renik terkecil, dengan ukuran 0,02-0,3 mikron (1 mikron = 0,001 mm), jauh lebih kecil (10-100 kali) dari bakteri biasa. Virus hanya dapat dilihat dengan mikroskop electron dengan pembesaran ±100.000 kali.

Kemudian dapat terjadi supra-infeksi (infeksi kedua) oleh suatu bakteri “biasa”, artinya kuman yang biasanya sudah berada dalam mulut atau hidung dan mendadak menjadi pathogen (menimbulkan penyakit).Infeksi bakteri yang tersering timbul dapat menyebabkan bronchitis atau radang paru.

Reaksi Alergi

Penyebab lain dari flu dari flu adalah suatu reaksi alergi dari tubuh terhadap suatu zat yang dapat menimbulkan reaksi kepekaan berlebihan.

Zat-zat allergen terkenal adalah tepung sari (pollen) dari pohon, bunga atau jenis-jenis rumput. Begitu pula debu rumah tangga, yang mengandung serangga kecil tertentu (tungau) sebesar ±0,3 mm dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Gangguan demikian disebut rhinitis alergis. Ciri-cirinya yang khas adalah ingus yang sangat encer, kelopak mata dan hidung membengkak dan gatal.

Penurunan kelembapan udara oleh mesin penyejuk (aircon) juga dapat mengiritasi mukosa hidung dan menimbulkan flu.

BACA:  Gangguan Batuk atau Pilek

TOPIK MENARIK LAINNYA

Peneslins, kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi