Penyakit Mual dan Mabuk Jalan

Mual dan Mabuk Jalan

 

Mual dan muntah dapat merupakan gejala dari berbagai macam gangguan. Misalnya, karena makanan yang sudah basi atau busuk, infeksi virus, atau pada saat serangan migraine, batu ginjal atau batu empedu.

 

Juga sejumlah obat dapat menimbulkan mual dan muntah sebagai efek samping. Wanita hamil muda sering kali dihinggapi rasa mual dan muntah, terutama pada bulan-bulan pertama kehamilan.

Mabuk jalan adalah gangguan organ keseimbangan sewaktu melakukan perjalanan dengan mobil, kereta api, kapal laut atau pesawat terbang.

Mabuk Jalan adalah suatu “penyakit gerakan” yang timbul sewaktu melakukan perjalanan dengan mobil, kereta api, kapal laut atau pesawat terbang. Penunggang kuda, unta atau gajah bisa dihinggapi mabuk jalan. Pada perjalanan angkasa peristiwa mual merupakan masalah serius.

Gejalanya kadang-kadang diawali dengan menguap dan perasaan kantuk, kemudian penderita menjadi acuh tak acuh terhadap lingkungannya.

Lambat laun timbul perasaan pusing dan pening, muka menjadi pucat, keringat dingin mulai mengalir, kepala nyeri, perasaan sangat mual dan akhirnya muntah.

Terutama pada perjalanan dengan kapal laut, persentase mabuk laut adalah tinggi, sampai 75%. Dipesawat terbang penyakit gerakan ini agak jarang terjadi karena pesawat jet modern terbangnya sangat tinggi diatas lapisan udara yang paling banyak bergerak (turbelensi).

BACA:  Jenis Alergi Secara Umum

TOPIK MENARIK LAINNYA

Peneslins, kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi