Pendikan Pasien yang Terinfeksi Penyakit

Evaluasi diagnostic

 

Diagnosis dibuat berdasarkan gambaran khas dari sakit klinik melalui penemuan laboratorium antara lain limfositosis dengan limfosit atipikal, deteksi terhadap heterofil antibody dan hasil tes antibody EBV spesifik positif.

 

Penatalaksanaan

Tindakan yang dilakukan bersifat simtomatik dan suportif. Aspirin atau asetaminofen diberikan untuk sakit kepala dan nyeri otot. Kortikosteroid dapat digunakan ketika komplikasi berat atau mengancam kehidupan, seperti disfungsi hati, manifestasi neurologic, trombositopenia, anemia hemolitik dan obstruksi jalan napas.

Pendidikan pasien

Pasien dianjurkan untuk tetap istirahat ditempat tidur pada saat terjadi demam dan beristirahat pada interval selama proses penyembuhan.

Aktifitas fisik yang berat dan olahraga kompetitif dikurangi sampai sembuh total karena pembesaran limfa dengan infeksi mononucleosis menyebabkan cedera dan mungkin pecah jika seseorang mengalami trauma ringan.

BACA:  Cara Terjadinya Infeksi Jamur Pada Manusia

TOPIK MENARIK LAINNYA

Peneslins, kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi