Operasi Dengan Kontap Laparoskopi

https://kesehatankeluarga.netOperasi endoskopi adalah operasi dengan jalan memasukkan alat optik dan alat operasi ke dalam rongga tubuh. Dengan ketetapan demikian maka perkembangan teknik operasi dengan menggunakan endoskopi berkembang dengan pesat.

 

Di negara-negara maju, operasi ini berkembang dengan pesat, sehingga dapat mengurangi rawat inap, rasa sakit, dan penyulit lainnya dari operasi laparotomi biasa. Sebagai gambaran bagaimana operasi kontap dilakukan dengan endoskopi dapat dijabarkan sebagai berikut:

 

1. Koldoskopi

  • Melakukan operasi kontap dengan melalui dinding forniks vagina belakang. Situasi penderita sadar, dan dalam kedudukan kaki ( lutut ) dada.

2. Laparoskopi

  • Membuat lubang melalui dinding abdomen di bawah pusat dan di atas sinfisis.
  • Penderita dianestesi ( tidur ) sehingga aman untuk operasi.
  • Kedudukan penderita tidur terlentang.

Dalam operasi untuk menutup tuba fallopi dapat dilakukan dengan jalan termokauter, aplikasi cincin Falope, dan pemasangan hemoklip.

Keuntungan operasi kontap dengan laparoskopi adalah masa rawat inap pendek, tidak banyak memerlukan pengawasan setelah operasi, dan dapat dilakukan secara massal.

Sedangkan kerugiannya adalah memerlukan keterampilan khusus, biasanya relatif mahal bila jumlah operasi sedikit, dan metode penutupan tuba terbatas.

BACA:  Bagaimana Struktur dan Fungsi Mata

TOPIK MENARIK LAINNYA

kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm