Obat Vinblastin Untuk Limfoma

https://kesehatankeluarga.netAntimitotika

 

Zat-zat ini menghindari pembelahan sel pada metaphase (tingkat kedua dari mitosis), jadi merintangi pembelahan inti, seperti obat encok colhicin.

 

Berlainan dengan zat alkilasi yang juga merintangi pembelahan inti dengan jalan mengganggu pembelahan kromosom itu kedalam anak inti.

Obat-obat yang kini digunakan adalah hasil tumbuhan, yakni alkaloida vinca (vinblastin, vinkristin dan derivate semi-sintetiknya vindesin), podofilin (serta derivate-derivatnya etoposida dan tenoposida) dan obat-obat terbaru dari kelompok taxoida (pacliataxel, docetaxel).

Vinblastin: Erbablas, Velbe

Alkaloid ini, bersama derivatnya vinkristin, diperoleh dari vinca rosea. Obat ini banyak digunakan pada bermacam-macam limfoma (M.Hodgkin dan non-Hodgkin) dengan efektifitas tinggi (sampai 80%) dan tak jarang menghasilkan penyembuhan lengkap.

Biasanya sebagai terapi kombinasi dengan bleomisin dan cisplatin, atau dengan doksorubisin dan/ atau prednisolon. Obat ini digunakan pula pada kanker testis, buah dada dan lain-lain.

Efek sampingnya terutama berdasarkan myelosupresi kuat, terutama leucopenia yang biasanya hilang setelah satu minggu. Lagi pula rasa lelah, mual, muntah-muntah dan demam, lebih jarang rontok rambut dan radang saraf (neuritis) dengan kesemutan jari-jari tangan. Dosis: i.v.0,1-0,2 mg/kg (sebagai sulfat).

BACA:  Nevirapin Obat Antiretroviral

TOPIK MENARIK LAINNYA

Peneslins, kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi