Obat untuk Mengobati Penyakit Prostat dan Benign Prostatic Hyperplasia

https://kesehatankeluarga.netPengobatan sendiri

 

Sebagai swamedikasi hanya tersedia obat-obatan dari tumbuh-tumbuhan (fitoterapi), seperti ekstrak tumbuhan pygeum africanum (tadenan) dan ekstrak dari buah (berries) tumbuhan serenoa repens/Sabal serrulata (saw palmetto).

 

Kedua tumbuhan telah merupakan obat tradisional, yang sejak dahulu digunakan untuk mengecilkan prostat yang membesar. Mekanisme kerjanya mungkin juga berdasarkan penghambatan pengubahan testosterone menjadi dihidrotestosteron.

Mineral seng juga dianjurkan karena pada usia lanjut umumnya terdapat defisiensi dari mineral ini, sedangkan seng adalah salah satu unsure penting dalam prostat.

Seng juga berdaya menghambat pembentukan DHT, maka garam organisnya (sitrat, glukonat dan pikolinat) digunakan pada terapi komplementer sebagai obat tambahan untuk menangani BPH. Biji buah pumpkin yang kaya akan seng, juga digunakan sebagai obat alternative terhadap BPH.

Pengobatan Benign Prostatic Hyperplasia (BPH)

Obat-obat yang digunakan sebagai standar oleh dokter terhadap BPH pada umumnya terbagi dalam dua golongan, yakni zat pengecil volume dan zat penurun ketegangan (tonus).

Zat pengecil volume adalah zat penghambat enzim 5 alfa reduktase sehingga perubahan dari testosterone menjadi zat aktifnya dihidrotestosteron dihambat.

DHT ini memacu pertumbuhan berlebihan dari sel-sel prostat, seperti juga memegang peranan pada kerontokan rambut. Tersedia finasteride (proscar) dan derivatnya dutasteride (avodart). Obat-obat ini mampu mengecilkan prostat yang membesar diatas 40 ml, tetapi efeknya baru nyata setelah 3 sampai 6 bulan.

Zat penurun ketegangan adalah obat yang disebut alfa-blocker, seperti terazosin (Hytrin), afluzosin (Uroxatral) dan tamsulosin (Harnal).

Zat ini melemaskan otot prostat dan di leher kandung kemih sehingga menghilangkan tegangan dan konstriksi dari saluran kemih. Diminum pada malam hari obat ini berdaya melancarkan berkemih.

Beberapa turunan dari zat ini digunakan sebagai obat antihipertensi, antara lain doksazosin (Cardura). Semua alfa blocker tidak dapat menghambat pembesaran prostat.

BACA:  Obat Khusus Untuk Nyeri dan Lambung

Sebagai tindakan terakhir bila gejala-gejalanya menjadi gawat dapat dilakukan  pembedahan standar yang disebut TURP atau dengan sinar  laser.

TURP artinya Transure thral Resection of Prostate, yaitu isi prostate dikikis dengan alat khas yang dimasukkan ke dalam prostat melalui kateter.

TOPIK MENARIK LAINNYA

Peneslins, kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi