Nevirapin Obat Antiretroviral

https://kesehatankeluarga.netViramune

 

Derivate diazepin-dipirido ini (1998), sama dengan efevirenz, bukan derivate nukleosida, tetapi khasiatnya sama, yaitu menghambat reverse transcriptase, bila digunakan sebagai monoterapi dengan cepat terjadi resistensi, maka selalu digunakan bersama dua RTI nukleosida: lamivudin + AZT atau stavudin.

 

Kombinasi dengan penghambat protease  (PI) tidak mungkin karena menurunkan kadar plasma PI. Nevirapin mencapai  otak dan dapat digunakan pada demensia akibat AIDS.

Resorpsinya dari usus baik dengan BA 93%, PP-nya kurang lebih 60%. Dapat melintasi CCS dan kadarnya di cairan otak kurang lebih 45% dari kadar plasma.

Masa paruhnya 25-30 jam. Ekskresinya melalui urin untuk 80% sebagai glukuronida atau metabolit hidroksilnya, hanya 5% secara utuh.

Efek sampingnya relative sedikit tetapi agak serius, khususnya rash dan gangguan fungsi hati yang hebat. Selain itu dilaporkan juga demam, mual dan sakit kepala.

Efek positif yang tak terduga adalah peningkatan HDL-Kolesterol dengan 35% lebih (dibandingkan maks.15% dengan obat-obat statin).

Interaksi terjadi dengan obat TBC rifampisin dan Rifabutin, yang kadar plasmanya diturunkan. Begitupula efektifitas pil antihamil  dapat dikurangi.

Dosis: permula 1 dd 200 mg selama 14 hari, lalu 2 dd 200 mg ac atau pc.

BACA:  Asiklovir Untuk Virus Herpes

TOPIK MENARIK LAINNYA

Peneslins, kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi