Menghadapi Kakak Si Bayi

https://kesehatankeluarga.netSaudara Laki-laki dan Perempuan Si Bayi

 

Bagaimana anak-anak anda yang lain bereaksi pada sang bayi? Adalah normal bila saudara laki-laki atau perempuannya terganggu dengan adanya perubahan pada keluarga mereka, terutama bila mereka berusia dibawah 5 tahun.

 

Anak yang sedang belajar menggunakan toilet mungkin akan kembali menggunakan popok untuk sementara waktu bila biasanya nafsu makan bayi, mungkin sekarang dia akan kehilangan nafsu makan. Anda mungkin akan menemukan beberapa perubahan yang lain juga.

Karena anak-anak kecil belum selalu bisa mengontrol tindakan mereka, jangan tinggalkan bayi sendiri dengan anak yang berusia kurang dari 4 tahun. Dia bisa saja melukai bayi secara tidak sengaja.

Libatkan anak-anak yang lebih tua dalam mengasuh bayi dan pujilah usaha mereka. Mereka ingin melakukan sesuatu dengan benar, tetapi perlu ditunjukkan bagaimana caranya. Ajari mereka bagaimana menggendong bayi, seberapa dekat ketika duduk, mungkin juga permainan yang disukai oleh sang bayi.

Apabila sang bayi menerima banyak hadiah, mintalah pada keluarga dan teman anda untuk mengingatkan anak-anak yang lebih tua juga. Berikan beberapa hadiah kecil pada mereka atau biarkan mereka membuka hadiah sang bayi.

Sangatlah penting bagi anda dan pasangan untuk meluangkan waktu khusus bersama setiap anak yang lebih tua, walaupun hanya 15 menit atau setengah jam.

Cobalah untuk mencari waktu untuk mengajak anak yang lebih tua berjalan-jalan atau membeli es krim atau bermain permainan yang ia sukai. Bacakan cerita untuk pada anak yang lebih tua pada saat menyusui sang bayi atau setelah bayi tidur.

Cobalah melakukan ini sesering mungkin supaya anak yang lebih tua juga merasa bahwa mereka juga penting

BACA:  Tips Membantu Bayi Makan Sendiri

TOPIK MENARIK LAINNYA

kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm