Mengenal Nyeri Pinggang atau Low Back Pain

 Nyeri Pinggang “Spit”.

 

Nyeri pinggang dapat merupakan suatu gejala dari berbagai penyakit, sering kali akibat suatu gangguan punggung, seperti teregangnya otot (verrekking), posisi tubuh yang kurang baik atau tergesernya cakram antarruas.

 

Pada umumnya nyeri pinggang dapat dibagi dalam dua jenis yang masing-masing mudah dibedakan, yaitu spit dan iskias akibat hernia.

“spit” (lumbago atau low back pain) paling sering terjadi.

Dari sekian banyak otot di tubuh kita, yang rata-rata paling berat dibebani adalah otot-otot panjang dari punggung. Bila kita membungkuk dan mengangkat sesuatu yang berat dari lantai secara tidak tepat, otot-otot tersebut dan urat-urat yang saling mengikat ruas-ruas tulang punggung menjadi sangat tertarik-tarik dengan kuat.

Pembebanan berlebihan juga terjadi pada suatu gerakan salah atau bila berdiam dalam posisi terputar dalam waktu yang lama atau pada berat badan berlebihan.

Oleh Karena itu mudah terjadi robek-robek dan perdarahan mikro pada tempat penyematan (pertautan) dari otot-otot kecil tertentu. Akibatnya ialah nyeri pada suatu sisi yang hebat dibagian bawah punggung, yang (hampir) tidak menjalar kekaki.

Setiap gerakan, berdiri atau berjalan, batuk atau bersin menimbulkan rasa nyeri seperti teriris-iris, yang adakalanya hanya mereda bila berbaring. Keadaan nyeri inilah yang disebut “spit” atau “low back pain”.

BACA:  Cara Penanganan Nyeri Pinggang Iskias

TOPIK MENARIK LAINNYA

Peneslins, kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi