FUNGSI DAN TUJUAN LABORATORIUM KESEHATAN SERTA STATISTIK VITAL

kesehatankeluarga.netLABORATORIUM  KESEHATAN

Usaha laboratorium ini dimaksudkan untuk menunjang semua usaha kesehatan. Didalamnya termaksud laboratorium klinis yang didapatkan dipoliklinik atau rumah sakit, serta yang berdiri sendiri. Tujuan utama laboratorium kesehatan adalah untuk mencegah penyakit. Usaha laboratorium sedemikian meliputi:

 
  • Pembuatan vaksin dan serum
  • Melakukan pemeriksaan material yang berbahaya bagi masyarakat,misalnya darah, hewan tersangka sakit rabies
  • Pemeriksaan pemantauan udara, air, lumpur, makanan,
  • Pemeriksaan dan pemantauan vektor penyakit (serangga pembawa penyakit) dan
  • Memberi pelayanan pengobatan pencegahan seperti vaksinasi, oservasi hewan tersangka sakit rabies. Dari hal ini sudah jelas hubungannya dengan kesehatan lingkungan.

STATISTIK VITAL

  Statistik adalah metoda untuk mencatat, mengatur, mengolah, menyajikan, dan menggambil kesimpulan dari data. Statistik vital adalah statistik mengenai kesehatan, dan bertujuan mempublikasikan data kesehatan yang berguna sekali bagi evaluasi aktivitas, perencanaan, dasar tindak lanjut suatu propemantauan, dan penelitian. Usaha kesehatan lingkunganpun memerlukan data insiden penyakit serta angka kematian umum, kematian bayi dan ibu, penyakit bawaan air, udara, makanan, dan vektor untuk kegiatan sehari-harinya.

BACA:  Penyakit Yang Perlu di Tangani Dokter

TOPIK MENARIK LAINNYA

Kadaluarsa salep 88, Efek micin campur alkohol, Cara melepas perban sunat, pateng, pipet kaca di alfamart, insto campur kopi, pertanyaan tentang pencemaran tanah, obat dengan pipet kaca, tanduk kambing menusuk kepala, cara melarutkan kapur barus, efek samping bawang merah untuk karet, merk gliserin di apotik, nama lain pil atom, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara membuat bubuk gatal sederhana