Derivate Pirimidin Fluorurasil

https://kesehatankeluarga.netFluorurasil: 5-FU, Efudix.

 

Derivate pirimidin ini (1962) merintangi sintesa DNA melalui saingan dengan pirimidin. Banyak digunakan sebagai antagonis-pirimidin untuk tumor yang sudah menyebar dari buah dada, usus besar dan poros usus (rectum), juga dari lambung, hati dan pancreas.

 

Efektifitasnya (20-30%) diperbesar dengan terapi kombinasi, misalnya dengan siklofosfamida dan adriamisin/MTX (kur CAF/CMF) atau dengan adriamisin dan mitomisin (kur FAM). Secara dermal digunakan sebagai krem 5% pada kanker kulit dan pertandukan abnormal (keratosis, Efudix).

Efek sampingnya lebih kurang sama dengan MTX dan merkaptopurin.

Cytarabin (Cytosar-U, Alexan) adalah derivate obat virus idoksuridin yang berkhasiat virustatis pula disamping efek sitostatiknya (1969). Obat ini terutama digunakan pada leukemia akut tertentu, kerjanya hanya singkat, lebih kurang 20 menit.

Dosis: infuse intravena 100-200 mg setiap 5 hari, biasanya terkombinasi dengan suatu antagonis-pirimidin lain, misalnya thioguanin (lanvis).

BACA:  Efek Samping Dari Sulfonamida

TOPIK MENARIK LAINNYA

kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm