Cara Mengobati Hipersensitifitas Saluran Cerna Bayi

Cara Mengobati Hipersensitivitas Saluran Cerna BayiHipersensitivitas merupakan salah satu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebih sehingga menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan. Sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit.

 

Bayi yang mengalami masalah hipersensitivitas atau masalah saluran cerna penyebabnya dimana kondisi organ saluran cerna yang belum matang secara sempurna dan bisa saja membaik dengan seiring bertambah usia bayi. Orang tua yang masih memberikan ASI eksklusif pada bayinya sebaiknya masalah hipersensitivitas janganlah terlalukhawatir karena ASI mampu menegah masalah hipersensitivitas.

 

Gejala yang paling sering dari kondisi Hipersensitivitas ini adalah bayi yang sangat rewel (sering menangis) akibat kondisi perut yang tidak nyaman. Terkadang orang tua menganggap bahwa bayinya kurang kenyang hingga memberikan tambahan susu formula atau terus menerus memberikan ASI sehingga terjadi over feeding (makan berlebihan) yang justru memperburuk kondisi hipersensitivitas tersebut.

Selain itu akan jug nampak beberapa gejala seperti :

  • Penambahan berat badan yang berlebihan (1 kg dlm 1 bulan).
  • Feses cair, berwarna hijau atau hitam dengan bau menyengat. Kadang BAB sering >3 kali dalam sehari, berbiji dll.
  • Sering mengeluarkan liur (ngeces).
  • Sering mengedan walau BAB tidak keras dan bahkan mengedan saat sedang tidak BAB.
  • Kulit sensitif.
  • Nafas berbunyi “grok”.
  • Gangguan tidur.
  • Lebih agresif.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter anak terdekat untuk melihat kondisi bayi Anda secara seksama.

Berikan susu ASI sesuai kemauan bayi yang normal (umumnya tiap 2 jam), jika bayi menangis jangan langsung memberikan ASI pada bayi namun cari penyebab lain seperti ingin digendong, tidak nyaman, kepanasan dll, dan lakukan diet sehat untuk ibu menyusui.

Demikian penjelasan kami seputar cara mengobati hipersensitivitas saluran cerna bayi semoga bermanfaat untuk Anda.

BACA:  PERKEMBANGAN BUDAYA DAN MATA STEREOSKOPIK MANUSIA

TOPIK MENARIK LAINNYA

kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm