Busulfan dan Merkaptopurin

https://kesehatankeluarga.netBusulfan (Myleran)

 

Senyawa alkilsulfonat ini berkhasiat myeloselektif (terhadap sel sumsum tulang), sehingga merupakan obat pilihan pertama pada leukemia myeloid kronis guna menekan produksi lekosit. Remisi dilaporkan dalam 80-90% dari kasus.

 

Efek sampingnya yang terpenting adalah supresi sumsum yang hebat dan lama.

Dosis: oral 3-4 mg/hari selama 12-20 minggu, pemeliharaan 0,5-2 mg sehari.

Merkaptopurin: Puri-Nethol.

Derivate-thiol dari purin ini adalah antagonis-purin dengan daya sitostatis yang berdasarkan penghambatan sintesa purin dan DNA di sel-sel yang tumbuh pesat. Terutama digunakan pada leukemia akut pada anak-anak, juga bila MTX atau zat alkilasi tidak aktif (lagi).

Resorpsinya dari usus kurang lebih 50% dengan BA 5-37%. Di dalam sel merkaptopurin diubah menjadi dua metabolit aktif, yang dalam hati sebagian diuraikan oleh enzim ksantinoksidase menjadi thiourat inaktif.

Penguraian ini diperlambat oleh perintang-perintang enzim obat encok alopurinol dan dengan demikian kerjanya di perpanjang. Masa paruhnya kurang lebih 90 menit. Efek sampingnya sama dengan MTX, juga merusak hati (icterus). Monitoring darah juga perlu dilakukan.

Dosis: anak-anak oral 2,5 mg/kg sehari.

Azathioprin (imuran) adalah derivate imidazolil dari purin yang dalam tubuh dirombak menjadi merkaptopurin. Obat ini banyak digunakan sebagai obat imunosupresif pada transplantasi organ guna memperkecil resiko penolakan oleh system imun, di mana system-imun kacau dan anti body menyerang jaringan dan organ sendiri.

Contoh penyakit ini antara lain rema, diabetes pada anak-anak, lupus erythematodes (LE), multiple sclerosis (MS), myasthenia gravis (MG), sindrom Syogren, sclerodermia, colitis dan M. Crohn.

Dosis: Oral 1-4 mg/kg sehari, pada rema 1-3 mg/kg sehari.

BACA:  Pengobatan oleh Dokter dan Obat khusus Batuk

TOPIK MENARIK LAINNYA

Peneslins, kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi