Bagaimana Struktur dan Fungsi Mata

https://kesehatankeluarga.netMata merupakan organ yang sangat halus dan mudah sekali rusak, maka pada dasarnya untuk semua keluhan mata hendaknya jangan ditangani sendiri, tetapi dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

 

Hanya bila gangguan ringan seperti masuk debu (kelilipan), iritasi mata yang merah dan gatal-gatal, dapat dicoba menanggulangi dengan obat tetes mata atau cairan mata yang tersedia bebas.

 

Struktur mata

Mata pada hakikatnya dapat disamakan dengan alat pemotret yang memiliki objektif, diagfragma, lensa dan film. Objektif terdiri dari selaput bening (cornea), pupil berfungsi sebagai diagfragma, cairan mata merupakan lensa dan seagai film berlaku selaput jala (retina).

Bila cahaya jatuh pada suatu benda, sinarnya dipantulkan dan melalui pupil memproyeksi gambar dalam posisi terbalik pada retina. Gambar ini diteruskan melalui saraf mata ke otak, disini gambar diluruskan kembali. Pada saat itu kita melihat benda tersebut.

Daya kerja lensa tergantung pada otot- otot kecil yang dapat mengerut dan  dengan demikian mengubah lengkungan lensa sehingga objek dapat dilihat dengan tajam (akomodasi).

Pupil adalah lubang bulat yang berada ditengah selaput pelangi (iris) yang berwarna dan menentukan warna mata seseorang. Bila terdapat banyak cahaya, otot-otot lingkar iris mengerut dan pupil mengecil.

Pada keadaan gelap terjadi kebalikannya dan pupil membesar. Tempat khas ditengah retina, disini benda terlihat paling tajam, disebut bintik kuning (macula lutea).

Selaput pengikat (conjunctiva) adalah selaput lendir bening yang melapisi permukaan dalam dari kelopak mata dan melalui lipatan menutupi sebagian besar dari bola mata.

Bola mata dilindungi oleh suatu selaput keras yang berwarna putih yang erupakan selubung paling luar dari mata. Bagian depannya yang bening merupakan selaput bening (cornea). Otot-otot mata luar terikat pada selaput keras itu.

BACA:  Teori Stimulus Inflamasi

TOPIK MENARIK LAINNYA

kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm