Asiklovir Untuk Virus Herpes

https://kesehatankeluarga.netAsiklovir: acycloguanosine, Zovirax

 

Derivate guanosin (asikloguanosin) ini (1981) berkhasiat spesifik terhadap virus Herpes tanpa mengganggu fisiologi sel-sel tuan rumah.

 

Mekanisme kerjanya khas, yakni obat baru menjadi aktif setelah difosforilasi oleh enzim tymidinkinase, yang khusus terdapat dalam sel-sel  yang diinfeksi virus.

Asiklovirtrifosfat yang terbentuk digunakan oleh virus untuk membangun DNA nya. Dengan demikian, pembentukan DNA virus dikacaukan dan terhenti sama sekali, sedangkan pembentukan DNA dari sel-sel tuan rumah tidak terganggu.

Terutama digunakan pada semua infeksi dengan Herpes Simplex dan Herpes Zoster, tetapi tidak memusnahkannya. Kombinasi dengan zidovudin dapat bekekrja sinergistis.

Resorpsinya dari usus buruk dengan BA hanya 12-20%, maka pentakaran oral perlu tinggi sekali. PP nya rata-rata 21%, plasma t½ nyalebih kurang 3 jam.

Ekskresinya untuk lebih kurang 75% secara utuh dengan kemih. Bersifat cukup lipofil untuk dapat melintasi CCS, maka juga digunakan pada infeksi otak (encephalitis herpetica) sebagai infuse.

BACA:  Obat-Obat Anti Gatal

TOPIK MENARIK LAINNYA

kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm