Antibiotika dan Docetaxel

https://kesehatankeluarga.netDocetaxel (taxotere) adalah derivate semi sintetis (1995) dengan efek dan mekanisme kerja yang sama dan lebih kurang 2 kali lebih aktif dari pada paclitaxel.

 

Kedua obat bersifat sangat lipofil dan tak larut dalam air. Plasma t½ nya kurang lebih 11 jam. Berhubung resiko retensi air, maka terapi diawali dengan premedikasi deksametason 16 mg/hari selama 4-5 hari.

 

Dosis: infuse i.v. 100 mg/m2 permukaan badan dari larutan 0,3-0,9 g/l setiap 3 minggu.

Antibiotika (sitotoksis)

Beberapa antibiotika yang berasal dari jenis jamur streptomyces juga berkhasiat sitostatis, disamping kerja antibakterinya.

Zat-zat ini dapat mengikat DNA secara kompleks, sehingga sintesanya terhenti. Yang penting adalah doksorubisin, daunorubisin dan derivate sintetisnya (epirubisin, idarubisin, mitoxantron), bleomisin, actinomisin (Lyovac, Cosmegen) dan mitomisin (Mytomycin-C). Obat terakhir terutama berkhasiat alkilasi. Onkolitika ini tidak digunakan sebagai antibiotika karena terlalu toksis.

BACA:  Apa Obat Khusus untuk Eksim

TOPIK MENARIK LAINNYA

kalpanax cair ditarik, cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm