Yang Memicu dan Cara Menangani Migren

http://kesehatankeluarga.netPemicu serangan.

Diketahui banyak faktor yang dapat menyebabkan serangan migren. Yang terpenting di antaranya adalah jenis makanan cokelat dan keju(mengandung tiramin), ikan, telur, susu, penyedap –makanan MSG (natrium glutamat), dan minuman beralkohol (bir,arak ,anggur,merah). Juga stres fisik  mental (terlampau sibuk, kerja fisik berat, keletihan, kurang tidur  dan emosi berlebihan). Begitu juga karena lapar, sinar matahari (silau), cahaya terang (lampu TL, TV dan monitor komputer), wangi-wangian (parfum kuat ) atau bau-bauan (bensin, ter, aspal). Masa haid dikenal sebagai pencetus serangan, begitu juga obat-obat  tertentu, misalnya pil antihamil. Selama masa kehamilan sering  kali migren hilang, jaga setelah masa pengalihan, yang berkaitan dengan perubahan kadar hormon dalam darah.

Penanganan Migren

Loading...

Penderita dapat mengetahui pencetus serangan dengan memperhatikan segala hal pada saat serangan timbul. Dengan menjauhi faktor-faktor ini sebanyak mungkin , dapat dihindari serangan berikutnya. Sering kali juga perlu mengubah pola hidup yang harus lebih tenang dan teratur. Berolahraga  adalah penting untuk menghilangkan stres. Makan dan tidur hendaknya tepat pada waktunya dan jangan melampaui kemampuan diri baik fisik maupun psikis.

Bila tindakan-tindakan umum itu tidak menghasilkan efek yang diinginkan dan serangan timbul lebih dari dua kali sebulan, maka sebaiknya konsultasi dokter.Biasanya akan diberikan suatu obat pencegah untuk meringankan terulangnya (frekuensi) dan hebatnya serangan, antara lain propranolol dan pizotifen.

Loading...