Yang di Maksud Salesma dan Flu

By Najwa Mahesanti Categories: Penyakit

http://kesehatankeluarga.netSalesma dan influenza termasuk penyakit tertua manusia, paling sering terjadi, tetapi paling sukar diobati. Setiap orang selama hidupnya sewaktu-waktu menderita salesma atau influenza, kadang-kadang satu atau beberapa kali setahun.

Meski kedua gangguan tidak berbahaya dan biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu 5-7 hari, namun gejalanya dapat sangat tidak nyaman.

Setelah keluhan hilang pada umumnya penderita masih merasakan dirinya sangat lelah. Penyembuhan lengkap baru dapat dicapai setelah 2-3 minggu karena zat-zat racun virus masih bersirkulasi dalam tubuh dan baru lenyap sesudah 1-2 minggu.

Pada waktu itu penderita masih mudah terinfeksi kembali oleh kuman dan virus, maka hendaknya berhati-hati jangan bekerja terlampau berat.

Defenisi

Salesma juga disebut common cold atau rhinitis adalah iritasi atau peradangan dari selaput lendir hidung akibat masuk angin dan atau infeksi dengan suatu virus, selaput lendir yang meradang memproduksi banyak lendir dan mengembang sehingga hidung menjadi tersumbat dan pernapasan sangat dipersulit.

Penderita mulai pilek berat, mata mengeluarkan banyak air, kepala pusing dan sering kali demam ringan. Lendir yang terbentuk mengakibatkan batuk dan bersin.

Sekarang ini orang cenderung dan lebih lazim menggunakan istilah flu daripada salesma untuk penyakit dengan gejala seperti tersebut diatas.

Influenza sejati juga memperlihatkan antara lain gejala-gejala tersebut, tetapi pada umumnya bersifat lebih parah. Virus yang bersifat sangat menular cenderung menyerang saluran pernapasan dan dapat menimbulkan radang bronki (bronchitis) dan radang paru-paru.

Ciri-ciri infeksi adalah demam tinggi, nyeri otot dan persendian dengan rasa letih, disertai nyeri kepala dan tenggorok. Terutama Negara-negara Barat secara berkala dihinggapi epidemic influenza hebat sehingga sejumlah besar dari rakyat suatu Negara sekaligus jatuh sakit.

Biasanya epidemic flu musiman (seasonal flu) demikian terjadi di musim dingin atau diawal musim semi.