Loading...

Waktu Untuk Membentuk Rutinitas Bayi

By Najwa Mahesanti Categories: Anak

http://kesehatankeluarga.net/Kapan saya harus mulai?

Walaupunn 6 minggu sering dikatakan orang sebagai saatnya membentuk rutinitas, harus ditekankan bahwa ini hanyalah panduan kasar dan tidak berlaku mutlak. Ini hanya bertepatan dengan waktu ketika bayi anda akan menjalani pemeriksaan menyeluruh pertamanya, ketika perkembangan umumnya akan dinilai oleh dokter.

Loading...

Setelah beberapa minggu pertama, anda dapat mulai membentuk rutinitas siang dan malam hari, meskipun tidak ada waktu tepat yang ideal untuk memulainya. Waktu terbaik adalah saat anda merasa mampu melakukannya.

Jika anda menyusui, anda mungkin menyusui sesuia permintaan, meskipun mudah-mudahan sekarang bayi anda sudah menyusu dengan efisien dan tidak menghabiskan lebih dari 20 menit sekali menyusu.

Jika menyusui dengan botol, bayi anda setidaknya minum 6 botol per hari dan mungkin minum cukup cepat. Ia juga tidak boleh terlalu lama menghabiskan setiap botol sehingga ia dapat tertidur atau, jika ia tidak terlihat lelah, bermain sedikit. Bayi kecil senang ditemani.

Berbaring sendiri di tempat tidur atau kereta bayi bisa membuatnya kesepian dan bosan. Anda dapat meletakkan bayi dilantai yang dialasi karpet sehingga ia dapat menikmati tangan dan kakinya bergerak tanpa hambatan.

Sekitar usia 6 minggu, bayi anda juga akan jauh lebih waspada. Anda bisa mendudukkannya dengan sedikit disangga di kursi bayi sehingga ia dapat melihat dan bereaksi terhadap apa yang terjadi disekitarnya. Jangan biarkan ia seperti ini lebih dari 15 menit dan jangan pernah menaruh kursi diatas permukaan yang tinggi, ia bisa terpental jatuh.

Waktu Untuk Membentuk Rutinitas Bayi | Najwa Mahesanti | 4.5