Waktu Memulai Menyapih Bayi

Menyapihhttp://kesehatankeluarga.netHal ini termasuk memperkenalkannya pada makanan lain selain ASI atau susu formula.

Menyapih biasanya dilakukan ketika usia bayi sekitar 6 bulan dan meskipun sering kali menjadi tugas yang kacau, ini juga menyenangkan bagi orang tua dan melambangkan pencapaian tonggak penting lainnya.

Saat memulai

Departemen kesehatan di Inggris menganjurkan untuk tidak menyapih bayi sebelum usianya 6 bulan. Sampai usianya 6 bulan, bayi mendapat semua nutrisi yang ia butuhkan dari susu (idealnya ASI) dan hanya setelah itu ia membutuhkan makanan tambahan.

Yang pasti, sebelum usia 4 bulan, system pencernaannya belum matang dan belum bisa menerima makanan tertentu. Jadi, memberinya makanan padat saat ini cenderung memicu reaksi alergi atau berujung pada berkembangnya eksem, asma, atau alergi yang kesemuanya merupakan kondisi alergi.

Anda akan mengetahui kapan saatnya mulai menyapih karena ia akan tetap lapar setelah menyusu penuh, bertambah lapar di antara waktu menyusui, atau terbangun kelaparan pada malam hari.

Makanan padat tidak boleh menggantikan susu karena bayi anda masih membutuhkan 600 ml ASI atau susu formula per hari sampai usianya setahun. Jadi, pastikanlah apa pun makanan yang ia makan masih tetap dapat membuatnya minum susu sebanyak yang ia butuhkan.

Idealnya, makanan yang anda buat sendiri lebih baik dari pada makanan jadi atau yang dibeli. Makanan siap pakai, bahkan yang kualitasnya terbaik, rasanya sedikit berbeda dari makanan rumah.

Tekstur makanan jadi pun lebih lembut sehingga bayi akan terbiasa dengan hal itu dan akhirnya menjadi pemilih makanan yang tak suka mengunyah makanan yang “sebenarnya”.