Tips Untuk Menghindari Mabuk Perjalanan

Tindakan menghindari mabuk jalan

Dikenal sejumlah factor yang pendorong yang dapat memicu timbulnya mabuk jalan. Antara lain bau makanan atau asap rokok,  membaca, melukis atau melakukan pekerjaan tangan dalam kendaraan yang sedang bergerak. Karena factor pisikologis perasaan takut untuk ganggan ini justru memicu suatu “serangan”.

Tidak diketahui dengan pasti penyebabnya seseorang lebih peka terhadap mabuk jalan dari pada yang lain. Bila tidak ada kelainan fisik, kecenderungan ini antara lain dapat disebabkan oleh factor keturunan dan umumnya penderita adalah anak-anak, sedangkan kaum wanita lebih sering dari pada pria. Pada umumnya kepekaan berlebihan ini hilang dengan sendirinya menjelang usia dewasa.

Loading...

Tindakan pencegahan.

Tindakan pertama untuk menghindari mabuk jalan ialah makan sedikit saja sebelum berangkat. Dalam mobil, bus, kapal laut atau pesawat terbang hendaknya jangan merokok, hindari minuman beralkohol, jangan membaca atau melakukan pekerjaan tangan untuk menghindari konflik indra. Istrahat secukupnya sebelum melakukan perjalanan karena kelelahan meningkatkan resiko mabuk jalan.

Selalu melihat kedepan

Bila menggunakan mobil sebaiknya mengemudikannya sendiri atau duduk di depan atau disamping pengemudi dengan jendela sedikit terbuka untuk memasukkan udara segar dan penglihatan diarahkan jauh kedepan. Juga jangan merunduk dan melihat kebawah.

Dengan demikian pergerakan benda yang terletak jauh didepan tidak begitu intensif bagi penglihatan, dibandingkan dengan apa yang terletak di depan mata. Perjalanan pada malam hari mengurangi risiko mabuk jalan karena pergerakan tidak terlihat begitu jelas.

Angin segar.

Dalam bis atau kereta api sedapat mungkin duduk disamping jendela, supaya selalu mendapat angin segar dan tidak terganggu oleh bau-bauan yang dapat merupakan pencetus bagi timbulnya mabuk jalan.

Diatas kapal laut suatu tempat yang terletak ditengah-tengah geladak adalah paling ideal karena dilokasi ini gerakan kapal paling ringan, disamping pandangan dipusatkan kesatu titik stasioner jauh didepan. Berbaring dengan mata tertutup ternyata lebih baik daripada duduk atau berdiri, usahakan supaya kepala tidak banyak bergerak.

Acupressure wristband.

Sejak berabad-abad pengobatan yang efektif dengan akupuntur dilakukan di Cina terhadap perasaan mual. Cara yang mirip tanpa menggunakan jarum dinamakan Acupressure.

Menggunakan gelang tangan yang kancing plastiknya menekan titik akupuntur pada pergelangan tangan (titik P6), diperkirakan dapat melindungi terhadap mabuk laut. Gelang demikian dijual dibanyak toko perjalanan.

Loading...