Tips Menggunakan Obat Melalui Mulut

kesehatankeluarga.netObat dapat digunakan dengan berbagai cara, tetapi obat-obatan yang digunakan untuk swamedikasi hanya melalui mulut, melalui dubur, dan melalui kulit/selaput lendir(salep,krem, tetes mata/hidung/telinga). Obat yang digunakan melalui mulut dinamakan obat dalam, sedangkan semua obat lainnya, termaksud yang digunakan melalui dubur dan kulit disebut obat luar. Juga tetes mata, hidung dan telinga, obat injeksi dan inhalasi termaksud obat luar.

Cara Menggunakan Obat Melalui mulut (per oral) (bahasa latin : os = mulut)

Cara ini paling banyak digunakan dan meliputi obat-obat dalam bentuk sirop, suspensi dan obat tetes, tablet, kapsul dan serbuk. Pada umumnya obat yang dilarutkan dalam cairan (larutan, sirop) lebih cepat diserap kedalam darah dan juga lebih cepat mulai kerjanya dari pada obat dalam bentuk padat (tablet, kapsul dan serbuk). Untuk menghindarkan diuraikannya obat aktif oleh asam lambung, maka untuk tablet-tablet tertentu tersedia bentuk dimana zat aktifnya baru terlepas di usus kecil (tablet enteric coanted, tablet bersalut).

Loading...

Untuk memperpanjang daya kerja obat terdapat tablet retard atau tablet lepas lambat yang dibuat secara khusus agar obat dilepaskan secara berangsur-angsur di saluran cerna.

Loading...