Tips Mempersiapkan Persediaan ASI

http://kesehatankeluarga.netPersediaan ASI anda

1. Anda harus mengasup 500 kalori ekstra per hari (1000 kalori bila bayi anda kembar) apabila ingin menghasilkanASI yang cukup. Jangan pernah diet sambil menyusui, sebab akan mengurangi persediaan air susu anda.

2. Anda harus minum satu liter air tambahan dalam sehari untuk membantu produksi susu.

Loading...

3. Cobalah beristirahat sebanyak mungkin untuk memulihkan tubuh anda diantara waktu menyusui. Tidur siang amat baik (bila anda bisa melakukannya) untuk mencegah kelelahan yang berlebihan pada malam hari.

4. Susu dihasilkan atas dasar penawaran dan permintaan sehingga semakin banyak anda menyusui, semakin banyak ASI yang anda hasilkan. Menyusui sesuai permintaan bayi tidak akan mengurangi persediaan air susu anda, tetapi akan menigkatkannya.

5. Bayi suka mengisap demi kenyamanan, bahkan bila payudara anda sudah kosong. Anda mungkin mengira bayi anda masih lapar karena ia menangis ketika dilepaskan dari payudara, padahal sebenarnya ia hanya mengisap demi kenyamanan.

6. Jangan memperkenalkan botol, baik yang berisi ASI maupun susu formula, sampai menyusui sepenuhnya dikuasai. Menyusu dengan botol memerlukan tehnik yang berbeda dan hal ini akan memperlambat bayi mempelajari cara menyusui.

7. Begitu kebiasaan ini sudah terbentuk, menyusui sesuai permintaan akan membuat anda lebih sering menyusui bayi dari pada menyusui sesuai jadwal. Selama berat badan bayi anda bertambah dengan bobot yang tepat, berarti susunya cukup, apa pun pendekatan yang anda ambil

8. Bersiaplah untuk masalah dan carilah bantuan segera apabila anda membutuhkannya.

Loading...