Tindakan dan Swamedikasi Perut Kembung

http://kesehatankeluarga.netPerut kembung

Adanya terlalu banyak gas “angin” dalam lambung-usus menimbulkan gejala-gejala seperti perasaan penuh (perut kembung), kejang dan nyeri dibagian perut, banyak bersendawa dan buang angin.

Sering kali penyebabnya adalah cara makan yang salah, makan terlalu cepat tanpa dikunyah dengan sempurna dan menelan banyak udara.

Loading...

Juga dapat disebabkan oleh kombinasi makanan yang keliru sehingga dalam usus terjadi peragian dan pembentukan gas berlebihan.

Tindakan umum

Keadaan ini dapat diatasi dengan mengubah cara makan, yaitu makan lebih lambat dan mengunyahnya sampai halus sebelum menelannya.

Sebaiknya menghindari gorengan atau terlalu banyak makan sayuran mentah (lalap) seperti jenis-jenis kol. Juga sebaiknya jangan mengunyah permen karet atau minum minuman bersoda. Jangan pula minum pada saat makan, tetapi minum sesudah makan.

Swamedikasi

Dapat dilakukan dengan suatu obat bebas dimetikon (aeroson) yang berkhasiat menurunkan tegangan permukaan. Dengan demikian gelembung-gelembung gas yang berada dalam jumlah besar di lambung-usus dipermudah desintegrasinya menjadi gelembung-gelembung kecil sekali, yang mudah diserap oleh usus.

Dimetikon ini sering kali dikombinasi dengan antasida (Gelusil MPS, Mylanta). Alginat juga memiliki daya kerja yang sama, tetapi lebih lemah. Mulai kerjanya zat-zat ini sangat cepat.

Zat-zat antigas ini tidak diserap oleh usus, juga bersifat indiferen (tidak bereaksi dengan zat lain) sehingga tidak memengaruhi absorpsi dari obat-obat lain. Oleh karena itu boleh diminum oleh ibu hamil dan yang menyusui.

Loading...