Talg dan Jenis Komedo

http://kesehatankeluarga.netTalg

Dibawah pengaruh testosteron, Kelenjar Talg mulai berkembang dan memproduksi talg. Talg adalah sejenis lemak yang terdiri dari campuran banyak zat, antara lain miyak lilin dan kolesterol. Fungsinya adalah untuk memelihara kulit agar tidak menjadi kering dan tetap lentur. Talg ini dikeluarkan melalui suatu saluran ke lubang kecil dipermukaan kulit, yang disebut pori.

Komedo

Loading...

Sebagian besar pertukaran zat dari hormon androgen berlangsung dikulit, dimana testosteron diubah menjadi zat aktifnya dihidrotcstosteron (DHT). Dibawah pengaruh DHT ini kelenjar talg meningkatkan produksi talg sehingga menjadi berlebihan. Juga sel-sel pori dirangsang sehingga terjadi lapisan tanduk berlebihan dan jalan keluar dari talg itu tertutup. Lambat laun akan terjadi sumbatan pori di bawah kulit, yang dinamakan komedo.

Komedo terbuka adalah sumbatan dengan suatu titik hitam (zat warna kulit melanin yang teroksidasi), yang terbentuk dipermukaan selama saluran belum tersumbat seluruhnya.

Komedo tertutup adalah bintil putih, yang terjadi lebih dalam bila pori sudah tersumbat sama sekali. Penyumbatan menimbulkan tekanan yang meningkat pada dinding Kelenjar Talg sehingga folikelnya bisa pecah dan terjadilah peradangan dibawah kulit.

Kuman dan peradangan

Didalam folikel Kelenjar Talg terdapat berbagai kuman, antara lain Propionibacterium acnes, yang berperan penting pada terjadinya peradangan acne. Kuman ini membentuk enzim lipase, yang menguraikan talg menjadi asam lemak bebas. Pada penyumbatan Kelenjar Talg, kuman ini dapat berkembang berlebihan dengan meningkatnya produksi asam lemak. Akhirnya asam ini merusak dinding folikel dan menibulkan reaksi peradangan. Akibatnya adalah suatu bisul yang berwarna merah dan umumnya berisi nanah. Setelah sembuh, bekas bisul ini kadang meninggalkan lubang-lubang berukuran 2-3 mm, seperti pada penderita cacar, yang sangat merugikan wajah seseorang.

Loading...