Ruangan Yang Menyenangkan Untuk Bayi

By Najwa Mahesanti Categories: Anak

http://kesehatankeluarga.netBuatlah Ruangan Bayi yang Menyenangkan

Bayi lebih waspada dan aktif pada usia ini, dan penglihatanya hampir sama dengan Anda. Dia menemukan bahwa dia bisa merubah pandangannya pada benda dengan mengangkat kepalanya, menoleh ke sisi lain, dan berguling.

Bantulah untuk meningkatkan ketertarikannya pada dunia dengan cara menaruh benda-benda yang menyenangkan untuk dilihat dimana dia bisa melihatnya.

Dinding

Gantunglah hiasan dinding atau gambar-gambar yang berwarna cerah. Gambar-gambar bisa berupa poster, karya seni, foto keluarga, atau potongan dari majalah.

Sering-seringlah mengganti hiasan-hiasan itu. Bila Anda memiliki anak yang lebih tua, mereka bisa memberikan hasil karya seni. Cermin yang tidak bisa pecah di dalam tempat tidur, atau di atas meja ganti juga bagus.

Anda juga bisa menggantung mainan atau boneka binatang yang berwarna cerah di langit-langit dan jauh dari jangkauan.

Jendela

Apabila Anda menaruh tempat tidur bayi supaya dia bisa melihat keluar jendela, maka dia akan mendapatkan banyak benda baru untuk dilihat.

Untuk membuat bayi aman, jangan taruh dia dalam jangkauan jendela, kerai atau tirai. Jangan taruh bayi dengan pancaran sinar matahari langsung.

Tanaman gantung atau tempat memberi makan burung bisa membuatnya lebih menarik.

Sebuah kristal prima di depan jendela akan menghasilkan pelangi di dalam ruangan. Bagaimana dengan lonceng angin? Bayi Anda bisa melihat dan mendengarkannya. Pastikan semua itu jauh dari jangkauan.

Perokok

Anda sudah mengetahui bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan Anda. Rokok juga tidak baik untuk kesehatan bayi Anda dan kesehatan siapa saja yang menghisap asap rokok Anda.

Rokok merupakan penyebab lingkungan yang sering menimbulkan gangguan kesehatan pada anak-anak di dunia; bahkan berkaitan pula dengan Sindrom Kematian Mendadak pada Bayi ( Sudden Infant Death Syndrome – SIDS). Pertimbangkanlah untuk berhenti demi bayi Anda.