PROGRAM SERTA TUJUAN LAIN DARI KESEHATAN MASYARAKAT DAN KESEHATAN LINGKUNGAN

 Kesehatan LingkunganLAIN-LAIN
Kedalam kegiatan lain-lain ini termaksud antara lain kegiatan bidang nutrisi, kesehatan jiwa, kesehatan gigi, kesehatan sekolah, pengendalian penyakit kronis, pengendalian alergi, kecelakaan dan rehabilitasi penyandang cacat. Kesemuanya ini ada hubungannya dengan kesehatan lingkungan. Misalnya, kesehatan gigi ada hubungannya dengan kadar flour dalam air; air dapat pula mengandung bahan karsinogenik atau logam berat penyebab penyakit kronis.
Agar semua usaha kesehatan masyarakat menjadi efektif diperlukan pengetahuan tentang penyebab, cara penularan, karakteristik golongan masyarakat yang peka, dan segala faktor yang ikut menentukan terjadinya masing-masing penyakit. Ilmu yang mempelajari ini semua merupakan bagian dari ilmu kesehatan masyarakat, dan dikenal sebagai epidemiologi.

KEDINASAN

Definisi Winslow menyebutkan bahwa tujuan kesehatan masyarakat hanya dapat dicapai bilamana usaha kesehatan itu dilaksanakan oleh masyarakat yang terorganisir. Masyarakat disetiap negara atau daerah sebetulnya selalu terorganisir. Organisasi-organisasi masyarakat sudah sejak lama ada dan terstruktur. Organisasi-organisasi dibidang kesehatan dapat berupa organisasi kepemerintahan seperti berbagai kedinasan. Kedinasan yang berhubungan secara langsung dengan kesehatan di Indonesia berada di bawah Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Setiap provinsi mempunyai kantor wilayah kesehatan. Departemen Kesehatan menyiapkan berbagai program,tenaga ahli, dan memberi konsultasi untuk pelaksanaannya. Pelaksanaannya sendiri dilakukan oleh aparat Departemen Dalam Negri yang berbentuk dinas-dinas kesehatan bagi daerah tingkat provinsi dan kabupaten; sedangkan bagi daerah kecamatan berbentuk puskesmas. Kantor-kantor kedinasan lebih bersifat administratif dalam fungsinya, sedangkan pelaksanaan dilakukan oleh puskesmas. Khusus dalam usaha kesehatan lingkungan, Departemen Kesehatan Di bantu secara langsung oleh berbagai Departemen seperti Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Cipta Karya, Departemen Dalam Negeri baik dipusat, Provinsi, Kabupaten, maupun Kecamatan; Departemen Perindustrian, Kementrian Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup.

Loading...

ORGANISASI SWASTA

Organisasi kesehatan tidak saja berupa kedinasan nasional, tetapi dapat berupa organisasi Internasional, tetapi dapat berupa organisasi Internasional, baik yang pemerintah maupun swasta, yang mencari keuntungan maupun yang tidak. Semua jenis organisasi tersebut dapat ditemui dalam bidang kesehatan dan mereka bekerja sama satu dengan yang lain untuk mencapai tujuan hidup sehat. Gerakan hidup sehat yang diaktifkan saat ini adalah usaha untuk meningkatkan pengertian dan partisipasi masyarakat dalam kesehatan. Hal ini merupakan bagian dari gerakan “Health For All by the Year’’yang dicanangkan di Alma Alta, pada tahun 1978 waktu diadakan konferensi Internasional tentang pemeliharaan kesehatan primer (primary health care) yang disponsori oleh WHO dan UNICEF di Uni Soviet.

Loading...