PERBANDINGAN BIAYA PENGOBATAN VERSUS BIAYA KESEHATAN

kesehatankeluarga.netDiberbagai negara berkembang termaksud indonesia,usaha kesehatan masyarakat merupakan usaha utama.hal tersebut dilakukan karena usaha ini dianggap lebih murah dan lebih positif.

Berbeda dari usaha dimasa lampau yang ditekankan pada usaha pengobatan,yaitu mengobati orang yang telah sakit dengan segala penderitaan serta kerugian-kerugian yang diakibatkannya,saat ini,usaha diutamakan pada kesehatan,yang bertujuan mencegah jangan sampai masyarakat jatuh sakit dan demikian dapat dikurangi kerugian material,penderitaan,dan dapat juga dicegah terjadinya cacat.

Cacat yang terjadi pada bayi,anak-anak,serta tenaga kerja sangat merugikan masyarakat dan negara.selain itu cacat merupakan penderitaan yang harus ditanggung oleh masyarakat selama masa hidupnya.kesemuanya ini,terutama dilihat dari segi pembangunan sumber daya manusia tidak dapat dibiarkan. Sebagai contoh adalah kekurangan vitamin A, yang dapat diikuti oleh penyakit tracoma serta kebutaan.sepanjang hidup anak-anak tersebut akan harus hidup didalam kegelapan dengan berbagai keterbatasan serta ketergantungan yang sangat besar. Contoh lain yang saat ini sangat memprihatinkan adalah banyaknya terjadi kecelakaan lalu lintas diantara anak muda yang sering kali megenai otak,suatu organ yang paling berharga bagi manusia; bila tidak meninggal, maka kecelakaan itu sering meninggalkan cacat. Disamping masih banyak lagi penyakit menular yang juga meninggalkan cacat,seperti poliomyelitis,hepatitis,encephalitis,dan sebagainya.Keadaan cacat ini memerlukan program rehabilitasi yang cukup mahal, dan juga meningkatkan beban masyarakat yang produktif.

Loading...

Loading...