Yang Menyebabkan Munculnya Jerawat

http://kesehatankeluarga.netAcne merupakan gangguan dari suatu kelenjar yang dinamakan kelenjar talg (KT), yang terutama terdapat dikulit muka dan juga dipunggung dan dada. Bentuk KT merupakan rangkaian dengan banyak umbai dan terdapat dalam suatu kantong (folikel). Folikel KT ini lebih besar dari folikel rambut biasa dan berisi suatu rambut kecil sekali.

Pada masa akil balik timbul banyak perubahan fisik sehubungan dengan dimulainya produksi hormon-hormon kelamin. Pada anak laki-laki hormon pria (antara lain testosteron), pada anak perempuan hormon wanita (estrogen dan progesteron). Penyebab terjadinya acne adalah testosteron, yang juga diproduksi oleh wanita (oleh indung telur), walaupun dalam jumlah yang lebih kecil dari pada estrogen.

Berhubung dengan perubahan keseimbangan hormonal dalam tubuh wanita, jerawat kerap memburuk menjelang masa haid, biasanya disekitar mulut dan disertai tambah berminyaknya rambut. Dengan sebab yang sama acne juga dapat memburuk selama masa kehamilan. Pada umumnya acne mereda kembali 3-4 bulan setelah persalinan.

Loading...

Loading...