Penyebab dan Gejala Sakit Ulu Hati


http://kesehatankeluarga.netReflux (bahasa latin: mengalir kembali) yang sering disebut “sakit ulu hati” (heartburn) adalah suatu gangguan yang tidak begitu serius. Penyebabnya adalah kelebihan asam lambung yang mengalir keatas, kekerongkongan karena katup lingkar antara kerongkongan dan lambung tidak bekerja dengan baik lagi.

Hal ini dapat diakibatkan oleh antara lain “burut sekat rongga badan” dan tekanan tinggi dalam lambung. Misalnya karena kehamilan dan terlalu gemuk, juga bila lambung terus-menerus dipenuhi makanan.

Gejalanya berupa nyeri seperti “terbakar” pada kerongkongan yang terasa dibelakang tulang dada, terutama ± satu jam setelah makan (terlalu banyak) dan bila membungkuk atau berbaring.

Sering kali terasa nyeri yang menusuk nusuk di bagian lambung, mual dan muntah. Biasanya serangan berlangsung ½ jam sampai lebih dari 1 jam. Bila tidak diobati dengan tepat, akhirnya dinding kerongkongan yang berlainan dengan dinding lambung tidak tahan asam akan dirusak selaput lendirnya. Dengan demikian terjadilah radang dinding kerongkongan yang lebih serius.


Kategori Penyakit :: Kata Kunci: , , , Penyebab sendawa terus menerus, benjolan di ulu hati, sendawa terus menerus, sendawa terus menerus gejala apa, ulu hati bergetar0 Komentar

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.