PEMBERANTASAN PENYAKIT MENULAR


Kesehatankeluarga.netPenyakit menular adalah penyakit yang disebabkan benda hidup seperti virus, bakteri, rickettsia, jamur, protozoa, dan metezoa atau cacing. Oleh karenanya penyakit dapat menular dari satu penderita ke orang lain yang peka. Penyakit menular tertentu, berdasarkan peraturan perlu dilaporkan/terkena wajib lapor, misalnya Hepatitis, Cholera, Thypus, dan lain-lainnya. Hal ini dilakukan untuk keperluan pengendalian, isolasi, pemberantasan, pencegahan epidemi, sanitasi transportasi dan lain-lain.

Untuk kepentingan pemberantasan yang menggunakan strategi menghilangkan cara transmisi penyakit, maka penyakit seringkali dikelompokkan atas dasar cara penyebarannya. Hal ini sangat penting untuk mencegah menjalarnya penyakit dari satu daerah ke daerah yang lain. Disinilah pentingnya peran kesehatan lingkungan, yakni mencegah menyebarnya penyakit lewat lingkungan. Adapun pengelompokkan tersebut adalah sebagai berikut:

•Penyakit bawaan air dan makanan
•Penyakit bawaan udara
•Penyakit bawaan tanah dan
•Penyakit bawaan vektor.

Kategori Pencegahan penyakit :: Kata Kunci: , , , cara pembrantasan penyakit menular, alergi menular melalui apa, bintik merah kutu air, macam macam penyakit menular dan penjelasannya, penyakit gegeks45 Komentar

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.